Yuk Berkunjung ke Kampung Betawi Diantara Hutan Beton Jakarta

Yuk Berkunjung ke Kampung Betawi Diantara Hutan Beton Jakarta

By |2018-02-02T21:47:06+00:00Februari 2nd, 2018|Wisata|0 Comments

Bagi yang pernah menonton film Si Doel Anak Betawi dan kini penasaran sisi Jakarta yang mewakili era tersebut maka datanglah ke Kampung Betawi Setu Babakan. Bukan tanpa alasan, bahkan kini Pemerintah Provinsi DKI telah menetapkannya sebagai cagar budaya.

potret keluarga betawi

brilio.net


Semua yang pernah kamu lihat dalam sinetron yang dimeriahkan almarhum Babe Sabeni dan Basuki ini benar-benar ada. Dari cara komunikasi, bangunan, kuliner hingga budaya.

Kampung Betawi Setu Babakan juga menjadi bukti perhatian pemerintah terhadap asep bangsa. Satu perkampung asri dipertahankan diantara hutan beton Jakarta.

Untuk menuju lokasi ini juga tidak begitu sulit. Selain banyak akomodasi tentu saja ojek online menjadi pilihan paling nyaman.

Namun kalau ingin seru-seruan tak ada salahnya naik angkutan umum. Ada beberapa angkot yang akan mengantar kamu hingga Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Propinsi DKI Jakarta.

Ada banyak kegiatan menarik yang tidak boleh terlewatkan. Suasana perkampungan ditengah kota sudah pasti ada. Tapi yang benar-benar harus dicoba adalah explore budaya dan kuliner asli Betawi.

Di Kampung Betawi ini telah disediakan beberapa titik lokasi pertunjukan. Bila beruntung seringkali mereka mengadakan pertunjukan khas Betawi.

Berbagai seni tari khas Betawi akan ditampilkan mulai dari Tari Topeng, Tari cokek, Tari Lenggang Nyai, dan Tari Narojeng. Tak kalah seru tentu saja pertunukan paling khas seni asli Jakarta berupa ondel-ondel, lenong dan gambang kromong.

Acapkali silat palang pintu pun ditampilkan. Selain itu masih ada kasidah, tanjidor, marawis, seni gambus, dan lain-lain.

Pertunjukan tersebut paling mudah ditemukan saat hari libur khususnya tanggal merah nasional. Dimana pada waktu tersebut jumlah kunjungan akan meningkat tajam.

Untuk kuliner khas Betawi yang bisa dipiliha antara lain kerak telor, Soto betawi, ketupat nyiksa, ketupat sayur, toge goreng dan lain-lain. Untuk ragam kue dan minuman antara lain roto buaya, kue apem, dodol, tape uli hingga bir pletok.

Masih penasaran disana ada apalagi. Yuk bertandang ke Kampung Betawi Setu Babakan untuk libur akhir pekan yang akan datang…

About the Author: