Ini Dia Wisata kuliner di Lebaran Betawi 2017 yang Bikin Ngiler

Ini Dia Wisata kuliner di Lebaran Betawi 2017 yang Bikin Ngiler

By |2017-08-01T08:42:31+00:00Agustus 1st, 2017|Kuliner, Wisata|0 Comments
Lebaran Betawi

[Source: www.omstemm.com]

Nyok kita nonton ondel-ondel … Nyok
Nyok kita ngarak ondel-ondel … Nyok
Ondel-ondel ade anaknya nye … Boy
Anaknya ngiger ter iteran … Soy

Sudah sudah tidak usah nyanyi hehehe. Itulah lagu ondel-ondel dari Benyamin S, sang legendaris.
Pada tanggal 29-30 Juli 2017 Betawi ngadain acara namanya “lebarannye orang Betawi, setaon sekali, sambil kite silaturahmi.. yo ramein” diselenggarakan di Perkampungan Budaya Betawi (PBB) di Setu Babakan, Fest Condet dan Tangerang Selatan.

Nah kali ini saya berada di Jln Jurang mangu barat no 1 Rt 005/02 Kelurahan jurang mangu barat Pondok Aren Tangerang Selatan.  Banyak stan-stan pameran menampilkan berbagai macam barang-barang khas Betawi, dari mulai makanan seperti dodol Betawi atau bir pletok hingga pernak pernik. Bahkan ada berbagai ragam kesenian khas Betawi, seperti tanjidor, ondel-ondel bergoyang, gambang kromong, tarian, silat dan lain lain.

Lebaran Betawi

[Source: www.omstemm.com]

Sebagai pencinta makanan rasanya tidak lengkap bila tidak wisata kuliner di festival Betawi yang diadakan setahun sekali. Yuk simak ada apa aja di Festival Lebaran Betawi ini.

1. Dodol Betawi

DSCF7838

[Source: www.omstemm.com]

Ngomongin soal Betawi tidak lengkap bila tidak ada dodol Betawi yang mempunyai citra rasa yang khas, antara manis dan gurih seimbang, tidak berlebihan. Bahan dasar yang digunakan pun cukup sederhana, seperti ketan item dan putih, santan kelapa, gula merah dan pasir. Semua bahan dimasukkan jadi satu dalam kuali atau kencang kemudian diaduk hingga rata.

DSCF7891

[Source: www.omstemm.com]

Rasa pun kini lebih varian selain original, kombinasi wijen, ketan item dan putih.
Warna dodol di sesuai dengan jenis ketannya ada yang menggunakan ketan putih atau ketan hitam dan dodol dengan ketan hitam berwarna gelap sementara dodol ketan putih berwarna kecokelatan.

2. Kue Cenil / klanting

DSCF7868

[Source: www.omstemm.com]

Cenil adalah makanan yang terbuat dari tepung tapioka (tepung kanji) dikasih topping kelapa, kayak getuk lindri gitu. dan berbagai macam variasi lupism pura (baca: puro), jenang tawar hijau, pertula, klepon, gatot hitam, puli, klepon, ketan hitam, dan tiwul.

DSCF7915

[Source: www.omstemm.com]

Jajanan tradisional ini mungkin jarang ditemui karena para penjual cenil ini biasanya tidak memiliki tempat yang menetap untuk berjualan bahkan hampir punah. Sebagian besar, target pembeli jajanan ini adalah orang tua. Bagi teman teman yang bertemu pedagang cenil jangan lupa di beli ya, selain membantu perekonomian penjual juga melestarikan makanan tradisional ini, supaya tidak punah tenggelam jaman.

3. Kerak telur

DSCF7934

[Source: www.omstemm.com]

Siapa yang tidak kenal dengan kerak telor? Kerak telor adalah salah satu jajanan khas Betawi yang sayang di lewatkan, yang memiliki bahan utama beras dan telur ayam ada juga telur bebek. Mungkin yang sering kita temui kerak telur ini di area PRJ (Pekan Raya Jakarta) tapi diacara lebaran Betawi ini mereka tidak tinggal diam dan ikut meramekan lebaran ini.

Ciri khas kerak telor adalah berasnya yang dimasak setengah matang jadi saat dimakan ada sensasi kriuk kletusan beras, mungkin yang baru mencobanya akan sedikit kurang suka, namun bagi warga jakarta ini adalah makanan khas kebanggan Betawi.

4. Uli bakar

DSCF7989

[Source: www.omstemm.com]

Makanan uli bakar sebagai jajanan ringan saat ini sudah jarang ditemui termasuk makanan tradisional langka, biasanya disajikan sebagai teman minum teh atau kopi di kala senggang.
Cara pembuatannya ketan dan kelapa parut ditumbuk hingga halus dan menyatu. Dicetak, diiris dan di diamkan beberapa jam, lalu dibakar di atas bara batok kelapa hingga aroma sangat wangi. untuk Rasanya sangat gurih, tanpa pengawet, boraks atau bahan tambahan yang merugikan kesehatan dan uli ini asli buatan tangan Betawi loh.

5. Lontong sayur Betawi

DSCF7853

[Source: www.omstemm.com]

Lontong sayur Betawi dengan citra rasa yang unik, biasanya ada telur rebus, petai, tahu yang warna coklat dan kuah kenyal yang lezat siap di santap. Lontong sayur buatan Betawi sangat nya berbeda dengan lontong sayur pada umumnya itu karenakan rasa dari kuahnya begitu kental dan kuat akan citra rasa khas dari Betawi.
Untuk membuat lontong sayur yang enak khas Betawi ini ternyata tidak mudah, resep rahasianya harus orang Betawi asli “katanya gitu” karena lidah dari asli Betawi bisa merasakan asin, manis, dan pahit sehingga mereka bisa menciptakan lontong sayur khas Betawi asli. Penasaran kan rasanya gimana? silakan datang ke festival lebaran Betawi dan rasakan sensasinya.

6. Kedai bakso dan siomay Babeh Nasir Ma’ruf

DSCF7999

[Source: www.omstemm.com]

Bila mendengar kata bakso pasti terpikirkan semangkok makanan berkuah dengan mie dan daging berbentuk bulat yang dilengkapi dengan irisan daun sawi, seledri, dan bawang goreng.
Kali ini saya akan memberikan referensi bakso yang enak tanpa boraks ataupun bahan pengawet yaitu Kedai bakso dan siomay Babeh Nasir Ma’ruf, yang dirikan oleh Ibu-Ibu Betawi Dari bahan baku nya semua buatan sendiri bahkan dari bumbu kacangnya sampai sambelnya mereka semua yang buat loh.

DSCF8030

[Source: www.omstemm.com]

DSCF8016

[Source: www.omstemm.com]

Rasanya pun gurih dari kuahnya sampai bakso dan somay, itu dikarenakan terjamin kehalalannya 100% yang pasti sehat dan bebas boraks atau bahan pengawet.

7. Es serut kerucut pelangi

DSCF8047

[Source: www.omstemm.com]

Dari tadi ngomongin makanan melulu kaga minum-minum hehehe…
Es serut kerucut yang dikemas sangat menarik di atas wadah es menyerupai topi ultah yang terbalik (kerucut ke bawah), berukuran lebih dari 20 sentimeter dilengkapi dengan warna warni meleleh dari puncak gunung es serus yang dibubuhi gula-gula manis dan seggarrrrrr.
Jaman tahun 1990.an waktu saya masi sekolah dasar (SD) Es Serut Pelangi ini menjadi idola saya hingga orang dewasa. Dulu para pedagang Es Serut Pelangi menyajikan es ini dengan cara yang unik, yaitu es batu di serut atau di gosok kemudian dibawah alat gosoknya diberi wadah tutup gelas besar yang bulet lalu di tekan dengan tangan dan diberikan sirup warna warni. Sekarang dengan perkembangan jaman es serut pelangi mengalami evolusi menjadi sekarang ini dan menjadi data tarik sendiri bagi pencinta es serut.

8. Laksa Betawi bang Mudas

DSCF7850

[Source: www.omstemm.com]

Laksa merupakan kuliner khas Betawi yang terbuat dari bahan-bahan seperti udang, mie, kerang, prekedel ikan, serta tauge cincang yang dicampur dengan kuah santan.  Secara penampilan laksa mirip sekali dengan soto, terbuat dari kuah kuning dan istilah “laksa” berasal dari bahasa Sansakerta yang artinya “banyak”, yang mencerminkan banyak campuran bahan dan bumbu, ide pembuatan lasa merupakan peranakan dari melayu dan tionghoa.
Sayang sekali dilewatkan bila ada festival Betawi tidak mencoba kuliner satu ini, mempunyai rasa yang unik dan khas.

Itulah beberapa wisata kuliner di lebaran Betawi 2017 di  Jln Jurang mangu barat no 1 Rt 005/02 Kelurahan jurang mangu barat Pondok Aren Tangerang Selatan. Bagi teman-teman yang tidak bisa datang jangan berkecil hati masih ada tahun depan dan dicatat tanggalnya supaya tidak kelewatan lagi.

Diakhir pengunjung tulisan ini saya ucapkan terimakasih.

DSCF7885

[Source: www.omstemm.com]

About the Author: