Wisata Kuliner di Fair Durian Blok M Square

Wisata Kuliner di Fair Durian Blok M Square

By |2017-08-27T22:52:49+00:00Agustus 27th, 2017|Kuliner|1 Comment

[Source: www.omstemm.com]

[Source: www.omstemm.com]


Pada tanggal 1-7 Agustus 2017 blok M Square mengadakan Fair Durian di Teras Berlin. Sebagai pencinta durian otomatis saya tidak mau ketinggalan acara tersebut. Pada festival kali ini tersedia berbagai jenis mulai Durian Montong, Durian Medan, Durian Sidikalang dan Durian Matahari.

“Apa si perbedaannya dari beberapa durian tersebut”

Yuk mari kita sekalian kenalan sama beberapa macam durian

1. Durian Montong

[Source: www.omstemm.com]

[Source: www.omstemm.com]

Durian Montong adalah “Rajanya Durian”. Kenapa bisa dibilang Rajannya Durian? Pertama karena memiliki rasa manis yang khas dan daging buahnya yang tebal. Paling mantaaapp pokoknya. Dan harganya paling mewah karena dibanderol sekitar 70rb – 90rb perkilo.

Durian ini berasal dari negara Thailand, bahkan dianggap sebagai buah khas Thailand. Tapi teman-teman tidak usah ke Thailand ya untuk menikmati durian ini karena di Indonesia sudah membudidayakan durian ini.

2. Durian Medan

[Source: www.omstemm.com]

[Source: www.omstemm.com]

Bagi yang mungkin belum pernah sama sekali mencicipi Durian Medan mungkin tidak akan pernah tau apa keistimewaan dari buah yang satu ini. Jika dilihat dari namanya, Durian Medan dianggap berasal dari Kota Medan.

Padahal tidak demikian, boleh saya katakan Durian Medan itu berasal dari beberapa wilayah di Sumatera Utara yang memang kondisi alamnya banyak ditumbuhi oleh pohon durian. Sedangkan kota Medan merupakan Ibu Kota dari Provinsi Sumatera Utara. Memang sih wajar saja jika durian di wilayah Sumatera Utara di kenal dengan nama Durian Medan.

Toko durian paling dikenal di Medan yaitu Durian Ucok, yang melegenda. Durian ini merupakan salah satu favorit saya karena rasanya yang manis legit.  Selain itu memiliki aroma khas dengan daging yang mantap, lumer di mulut pokoknya saat dikuyah.

3. Durian Sidikalang

[Source: www.omstemm.com]

[Source: www.omstemm.com]

Sidikalang berasal dari Sumatera Utara dan selama ini lebih dikenal sebagai daerah penghasil kopi. Namun Sidikalang juga memiliki perkebunan istemewa selain kopi, yakni durian.

Durian ini mempunyai keistimewaan daging yang lebih tebal dengan warna kuning keemasan dan ukurannya lumayan besar untuk buah durian.

Bukan itu saja tapi Durian Sidikalang juga memiliki rasa legit dan manisnya tajam sekali. Bijinya lumayan besar tetapi tak masalah karena dagingnya sangat tebal.

4. Durian Matahari

[Source: www.omstemm.com]

[Source: www.omstemm.com]

Durian Matahari berasal dari daerah Cimanggu, Bogor, Jawa Barat. Mempunyai bentuk panjang berwarna hijau kecoklatan dengan duri besar, runcing,  dan jarang serta sedikit bengkok pada kulit buahnya. Ciri Durian Matahari yaitu buah tebal, kering, berlemak, manis dengan tekstur halus dan aroma yang cukup tajam.

[Source: www.omstemm.com]

[Source: www.omstemm.com]

Itulah beberapa macam jenis durian yang ada di Fair Durian, Blok M Square, Selain menyediakan berbagai jenis buah durian, festival ini juga menyajikan jajanan yang  diolah dari buah durian yaitu pancake.

Pancake ini cukup varitaif mulai dari bentuk pembungkus hingga harga tapi menurut saya rasanya pancake semuanya hampir sama tinggal cari yang murah merah dan besar bentuk nya hehehe.

[Source: www.omstemm.com]

[Source: www.omstemm.com]

Saya pun tidak ketinggalan untuk nyobain sop durian. Menu ini pada festival durian Blok M Square itu bener-bener nampol dan mantap bangeettttt….

Nah, bagi teman-teman pencinta durian, jangan lupa selalu follow instagram Blok M untuk mendapatkan up date-an terbaru, siapa tahu Blok M mengadakan event Fair Durian lagi.

About the Author: