Tiga Orang Ini Memimpin Jakarta lebih dari 5 Tahun Masa Jabatan

Tiga Orang Ini Memimpin Jakarta lebih dari 5 Tahun Masa Jabatan

By |2017-10-30T16:42:09+00:00Oktober 30th, 2017|Pendidikan|0 Comments

Sebagai pusat pemerintahan dan pusat bisnis, Jakarta selalu menjadi kiblat seluruh kota di Nusantara dari segi apapun. Beberapa tahun terakhir kita memiliki banyak cerita tentang kampaye pemilihan Gubernur di Jakarta, ini sangat menarik seluruh perharian masyarakat Indonesia bahkan dunia.

Sebut saja satu nama yang paling populer beberapa tahun terakhir seperti Presiden kita Joko Widodo, Beliau ini merupakan Gubernur Jakarta terpilih pada tahun 2012 lalu.

Nah, yang perlu Sahabat Blogger ketahui, ini dia tiga daftar nama Gubernur Jakarta yang menjabat lebih dari 5 tahun.

  1. Raden Soediro ( Kelahiran 1911 )
    raden-sudiro

    raden-sudiro(source)

    Sosok yang satu ini lebih terkenal dengan panggilan Walikota, karena pada masa jabatannya di tahun 1953 – 1960 itu jabatan Walikota setara dengan Gubernur masakini.  Pria kelahiran Jogjakarta ini menjadi Gubernur selama 7 tahun pada masa pemerintahan Presiden Soekarno. Beliau merupakan Gubernur Jakarta kelima yang telah mengeluarkan kebijakan pemecahan wilayah Jakarta menjadi 3 kabupaten, yakni Jakarta Utara, Jakarta usat dan Jakarta Selatan. Selain itu, Raden Soediro juga di kenal dengan kebijakannya menjadikan bandara Kemayoran, pelanihan tanjung priok dan Kota Satelit Kebayoran Baru menjadi daerah teritoris utama di Jakarta.

  1. Ali Sadikin ( Kelahiran 1927)
    Ali_Sadikin_

    Ali_Sadikin_(source)

    Menjadi Gubernur ke-9, Beliau lebih akrab dengan panggilan Bang Ali.  Bang Ali merupakan Gubernur dengan masa jabatan terlama yakni 11 tahun. Istimewanya lagi, Bang ali menjabat Gubernur pada masa pemerintahan Presiden Soekarno dan Presiden Soeharto. Ketika itu bersama Lamanama Muda Udara (Anumerta) Raden Atje Wiriadinata, Bang Ali berusaha membuat beberapa kebijakan dan memperbaiki keadaan Ibukota Negara. Karirnya dalam pemerintahan selanjutnya Beliau diangkat menjadi Menteri Perhubungan ke-16 selama tiga tahun dan menjadi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman.

  1. Sutiyoso (Kelahiran 1944)
    sutiyoso

    sutiyoso (source)

    Mengalami masa kepemimpinan lima Presiden dari jaman Presiden Soeharto hingga Susilo Bambang Yudhoyono, Bang Yos panggilan akrab beliau ini berhasil selama 10 tahun menjabat sebagai Gubernur Jakarta. Bang Yos merupakan sosok inisiatif dibalik terselenggaranya kesepakatan traksportasi umum bernama Transjakarta (2000)

Menjadi orang yang berhasil memimpin Jakarta lebih dari 5 tahun adalah sejarah besar, mengingat kota ini memang menjadi kiblat atau barometer tata pemerintahan yang ada di kota – kota lain.

About the Author: