Tidak Hanya Pasar Senen, 7 Pasar Berdasarkan Nama Hari Semua Ada di Jakarta

Tidak Hanya Pasar Senen, 7 Pasar Berdasarkan Nama Hari Semua Ada di Jakarta

By |2018-01-19T14:40:30+00:00Januari 19th, 2018|Wisata|0 Comments

Pernahkah kalian tahu bahwa di Jakarta ternyata ada nama pasar berdasarkan hari dalam sepekan? Mungkin saat ini yang masih bisa kita temui hanya Pasar Senen yang baru saja kebakaran, Pasar Rebo (Pasar Rabu) yang terkenal dengan kemacetannya, atau Pasar Minggu yang terkenal karena lagu “pepaya, mangga, pisang, jambu”.

Pada abad 19 atau sekitar tahun 1801 seprti dilansir situs merdeka.com (18/1) VOC memberikan kebijakan dalam perizinan membangun pasar kepada tuan tanah dengan peraturan pasar yang didirikan dibedakan menurut harinya. Sehingga  akhirnya dibangunlah pasar dan dibuka berdasarkan hari yang telah di tentukan.

Lalu dimana sekarang Pasar Selasa, Kamis, Jumat dan Sabtu? apakah masih ada ataukah sudah hilang? Mari kita ulas satu persatu nama-nama pasar berdasarkan hari tersebut.

Pasar Senin

Pasar Senen via: http://news.liputan6.com/

Pasar Senen via news.liputan6.com


Pasar Senin lebih dikenal dengan sebutan Pasar Senen yang terkenal dengan penjualan atribut-atribut TNI, Polri, PNS dan lain sebagainya. Menurut sejarah Pasar Senen merupakan pasar tertua di Jakarta yang didirikan oelh Justinus Vincke di bagian selatan Castle Batavia pada tahun 1730 (http://www.jakarta.go.id/).

Saat ini Pasar Senen sedang dilakukan renovasi pasca terbakar pada tanggal 19 Januari 2017 silam.

Pasar Selasa

Pasar Koja via: https://media.foody.id

Pasar Koja via media.foody.id


Saat ini mungkin jika kalian mencari Pasar Selasa pasti tidak akan mengetahui keberadaanya. Pasar Selasa telah berubah nama menjadi Pasar Koja.

Dilansir dari merdeka.com (18/1) Sejarawan Jakarta, Yahya Andi Saputra mengatakan, Pasar Selasa memang sudah berganti nama menjadi Pasar Koja. Perubahan ini terjadi karena Hari Selasa dianggap kurang baik bagi sebagian masyarakat untuk melakukan aktivitas jual beli atau berniaga.

Pasar Rabu

Pasar Induk Kramat Jati via http://validnews.co

Pasar Induk Kramat Jati via validnews.co


Pasar Rabu (Pasar Rebo) sekarang telah menjadi nama sebuah kecamatan di daerah Jakarta Timur. Namun keberadaan Pasar Rabu yang sebenarnya masih bisa kita temui dengan perubahan nama yaitu Pasar Induk Kramat Jati.

Sebenarnya bukan berubah nama, namun dipindahkan oleh Gubernur Ali Sadikin pada tahun 1971 karena menganggap tempat yang dulunya Pasar Rebo ini kurang cocok untuk berjual-beli

Saat ini Pasar tersebut  terkenal dengan barang dagangan yang dijual yaitu sayur-mayur.

Pasar Kamis

Pasar Jatinegara via mommiesdaily.com

Pasar Jatinegara via mommiesdaily.com

Ada dua versi cerita mengenai keberadaan pasar kamis ini.

Yang pertama ada yang menganggap bahwa Pasar Jatinegara atau Mester ini adalah Pasar Kamis dikarenakan pada masa lalunya buka setiap hari Kamis

Yang kedua merupakan daerah Pasar Kemis yang letaknya di daerah Tangerang dekat dengan Bandara Soekarno Hatta daerah Cengkareng sekarang menjadi nama kecamatan yang menjadi daerah kawasan industri.

Pasar Jumat

Pasar Jum'at via www.traxonsky.com

Pasar Jum’at via www.traxonsky.com

Pasar  Jumat saat ini lebih dikenal dengan Pasar Lebak Bulus. Saat ini pasar Lebak Bulus terkena imbas dari proyek MRT sehingga hampir seluruh pasar sudah tergusur dan kios sudah tutup.

Selain itu pasar yang dulunya buka hanya dihari jum’at juga ada yang lainnya yaitu Pasar Klender dan Pasar Cimanggis

Pasar Sabtu

Pasar Tanah Abang via jualsarung-kursi.com

Pasar Tanah Abang via jualsarung-kursi.com

Pasti kalian tidak menyangka jika pasar terbesar di kawasan Asia Tenggara ini dulunya bernama Pasar Sabtu? Yup Pasar Tanah Abang

Pasar Tanah Abang, dibangun oleh Yustinus Vinck pada 30 Agustus 1735 yang dari dulunya memang khusus untuk berjualan tekstil yang juga bertahan sampai sekarang.

Saat ini kawasan Pasar Tanah abang ditata kembali sehingga menjadikan kawasan tersebut lebih rapi dan tidak macet.

Pasar Minggu

Pasar Minggu via arryramaphoto.wordpress.com

Pasar Minggu via arryramaphoto.wordpress.com

Masih ingat dengan lagu: “Pepaya mangga Pisang Jambu, Dibawa dari pasar minggu, Disana banyak penjualnya, Dikota banyak pembelinya”.

Kawasan Pasar Minggu saat ini masih konsisten dengan banyaknya bedagang buah apalagi saat malam hari. Tidak hanya buah-buahan saja namun sayuran segar juga bisa dibeli di Pasar Minggu ini.

Pasar di Jakarta memang sudah banyak yang tergerus dengan adanya mall atau swalayan yang menjamur di daerah Jakarta. Namun tidak ada salahnya sekali-kali kita main ke pasar ya guys!

About the Author: