Ternyata Drone Hanya Boleh Terbang Di Ketinggian 120 Meter

Ternyata Drone Hanya Boleh Terbang Di Ketinggian 120 Meter

By |2017-09-24T18:04:29+00:00September 24th, 2017|Komunitas|0 Comments

Kegiatan yang bertajuk Superbrands Smart Festival 2017 yang diselenggarakan di Bintaro Xchange Park menarik sedikit perhatian para pencinta pesawat tanpa pilot atau biasanya disebut dengan Drone. Siapa yang masih belum mengenal alat keren yang diterbangkan dengan menggunakan remote ini? Selain desainnya yang keren dan unik, Drone memang memiliki beberapa fungsi yang belakangan dibutuhkan banyak orang.

Di salah satu stand komunitas, Komunitas Cibitung Drone Comunity (CDC Pro) Safe Flight, pada acara tersebut mendapat kesempatan khusus untuk mengenalkan beberapa jenis Drone kepada masyarakat dan memberikan kelas pelatihan khusus kepada masyarakat yang datang pada acara Smart Festival yang terselenggara pada hari minggu, 24 september 2017 itu.

Blogger jakarta yang juga mendapat kesempatan menghadiri acara berhasil mendapatkan beberapa informasi baru sekitar benda yang belakangan populer dikalangan masyarakat itu.

Ternyata jenis drone sangat variatif dari ukurannya dan juga jangkauan tingginya. Seperti Drone Mini JJRC H36 ini memang kecil ukurannya tapi mampu terbang hingga ketinggian 30 meter dengan jarak bisa sampai 50 meter. Selain itu, ada Drone Phantom Series yang dikenalkan oleh komunitas ini yang mampu terbang hingga ketinggian 500 meter dengan area bisa sejauh 5km.

Drone ini memang memiliki banyak jenis yang bisa dikendalikan oleh siapapun, termasuk anak – anak yang masih di bangku pendidikan sekolah dasar. Namun, dalam menerbangkannya, tentu saja ada beberapa aturan yang mesti dipatuhi oleh para pengguna. Hal ini tentu saja telah diatur oleh pemerintah dan berdasar pada kekuatan hukum yang berlaku.

Jika Anda ingin menerbangkan Drone maka beberapa hal yang perlu Anda perhatikan adalah sebagai berikut :
1. Pastikan Battere Drone dalam keadaan penuh (karena drone bisa nyala kurang lebih hanya 30 menit) 
2. Anda hanya bisa menerbangkan drone dalam ketinggian maksimal 120 meter
3. Jangan menerbangkan di area landasan udara tanpa ijin pihak terkait

Hal ini sesuai yang telah disampaikan oleh Koordinator Marketing (Pemasaran) dari CDC Pro, Rama Laksana Tirta.

“Kalo untuk tinggi regulasi dari pemerintah kan 120, jika lebih dari itu bisa berurusan dengan yang berwajib”, Jelas Rama saat ditemui Blogger Jakarta dalam acara Superbrans Smart Festival 2017.

Rama juga menambahkan jenis Drone seperti Phantom bisa terbang dengan stabil meskipun ada angin kencang diatas ketinggian 100 meter lebih. Ada beberapa jenis drone yang lebih besar ukurannya dan dilengkapi kamera kulaitas 4K. Sementara untuk harga, Drone bisa Anda dapatkan dikisaran harga mulai dari 300 ribu hingga 25 juta rupiah.

Bukan hanya pameran unjuk kebolehan drone, dalam ajang smart festival tersebut, banyak sekali komunitas – komunitas yang ikut meramaikan acara. Diantaranya Blogger jakarta, Komunitas Backpacker jakarta, Lego Indonesia, Lubang Jarum Indonesia, School of Movement, Tiga Kubik, Mini RC Community, dan RC Enthusiast serta banyak komunitas lainnya.

Dalam rangkaian acara Smart Festival juga terdapat area smart kids dan juga smart food yang menyajikan berbagai kuliner Nusantara dan Aneka kuliner Jepang dan manca negara. Kegiatan juga menampilan beberapa kompetisi, seperti dance, cooking dan futsal kids.

Smart Festival ini juga dimeriahkan oleh beberapa media seperti KMK (Liputan6.com, Vidio.com, Bintang.com), MBI Group (Tabloit Bintang dan Teen.co.id), MNC Play & MNC Music Channel dan Tabloit Wanita Indonesia. Selain itu, acara ini juga dimeriahkan dengan penampilan beberapa band dan penyanyi Indonesia papan atas seperti Tulus, GAC, Sheila On 7 dan Dialog Dini Hari serta beberapa penampilan artis lainnya.

About the Author: