BLOGGERJAKARTA.COM – Sebuah komunitas tercipta karena adanya sebuah visi yang sama, setelah terciptanya komunitas untuk membangkitkan keakraban maka diciptakanlah acara-acara yang melibatkan anggota dari komunitas tersebut. Bentuk acara yang dibuat pun beragam, mulai dari acara sharing pengetahuan hingga acara senang-senang saja.

Permasalah yang sering terjadi di komunitas ketika membuat sebuah acara adalah tempat penyelenggaraan acara. Tak jarang ditemui komunitas yang mengeluarkan uang setiap melakukan kegiatan untuk menyewa tempat. Sebenarnya ada solusi lain bagi komunitas mengadakan acara dengan tempat yang asyik tapi gratis, salah satunya adalah Mozilla Community Space.

Apa itu Mozilla Community Space?

Mozilla Community Space adalah sebuah tempat yang dinaungi oleh Yayasan Mozilla yang fungsinya untuk memberikan fasilitas kepada komunitas-komunitas lokal terutama yang bergerak di bidang teknologi untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan.

Mozilla Community Space bertempat di kawasan Gedung Tifa, Kuningan, Jakarta Selatan. Tempat ini memiliki 2 ruangan yang bisa digunakan untuk umum yaitu Event Room yang memiliki kapasitas 40 orang dan Meeting Room yang memiliki kapasitas 10 orang.

Fasilitas di Mozilla Community Space

Murah bahkan gratis tapi tidak murahan, itulah hal yang tepat untuk menggambarkan Mozilla Community Space. Sebagai bentuk kontribusi mereka dalam komunitas maka tempat ini dibuat senyaman mungkin. Fasilitas ini juga dibuat agar ketika kegiatan komunitas dapat lebih interaktif dan tidak terhambat oleh gangguan yang bersifat teknis.

Beberapa fasilitas yang tersedia di Mozilla Community Space adalah Proyektor dan beberapa perangkat multimedia lainnya yang bisa digunakan untuk kegiatan yang bersifat presentasi atau lokakarya. Karena tempat ini sebenarnya difokuskan untuk kegiatan teknologi maka di tempat ini juga tersedia fasilitas internet dengan kecepatan yang bisa dibilang cepat yaitu 100Mbps.

Baca Juga :

Fasilitas yang cukup membuat betah di sini adalah disediakannya konsumsi gratis. Konsumsi yang dimaksud di sini bukan seperti bakso, martabak, atau bahkan nasi padang loh yaa tetapi makanan ringan. Tersedia juga minuman seperti kopi dan teh yang semuanya bebas dikonsumsi dengan cara self service. Pihak Mozilla sudah memberikan secara gratis maka pengunjung juga harus “tahu diri” dengan membersihkan kembali peralatan makan yang digunakan.

Mengadakan kegiatan berbayar di Mozilla Community Space

Tempat ini sejatinya gratis digunakan untuk kegiatan komunitas atau event organizer yang mengadakan kegiatan secara gratis. Namun terkadang beberapa komunitas atau event organizer ada juga yang mengadakan kegiatan dengan menarik retribusi dari para peserta yang hadir. Hal ini diperbolehkan saja oleh pihak Mozilla dan ada aturannya lebih lanjut.

Jika biaya yang dikenakan kepada peserta adalah untuk konsumsi peserta itu sendiri maka untuk menggunakan tempat ini tidak dikenakan biaya. Hal ini biasanya dilakukan ketika bulan puasa dimana peserta ditarik biaya untuk buka puasa bersama.

Akan tetapi jika peserta dikenakan biaya untuk “keuntungan” maka penyelenggara wajib memberikan biaya juga kepada pengelola Mozilla Community Space yang besarnya ditentukan oleh musyawarah.

Cara Reservasi di Mozilla Community Space

Bagi teman-teman yang tertarik untuk mengadakan kegiatan di Mozilla Community Space dapat melakukan reservasi dengan mengisi formulir disini. Setelah mengisi formulir biasanya 1-2 hari akan ada balasan via email tentang informasi lebih lanjut.

Oh iyaa sebelum melakukan reservasi pastikan terlebih dahulu pada tanggal yang kamu pilih belum direservasi oleh komunitas lain, untuk informasi ini dapat dilihat di http://mozilla.or.id/en/space/calendar.html.