Tak Perlu Diragukan, Ini 5 Keuntungan Menjadi Anak Kos di Jakarta

Tak Perlu Diragukan, Ini 5 Keuntungan Menjadi Anak Kos di Jakarta

By |2018-02-27T09:06:00+00:00Februari 12th, 2018|Gaya Hidup|3 Comments

Julukan “anak kos” sudah sangat melekat dalam diri ini. Bagaimana tidak, sejak melanjutkan pendidikan menengah atas orang tua saya sudah menyuruh melanjutkan pendidikan di kota tetangga.

Ini lah pengalaman pertama saya resmi menyandang status anak kos meski  semua kebutuhan dipenuhi karena masih dalam proses pendidikan. Meski kadang sering menambah-nambah jumlah kebutuhannya (jaman jahiliyah) dengan hal-hhal yang tidak perlu.

Nah, parahnya lagi. Setelah selasai Sekolah Menengah Atas, saya harus melanjutkan ke Perguruan Tinggi di salah satu universitas swasta di Yogyakarta. Jadilah diri ini resmi menyandang predikat anak kos lagi.

Anak kos yang kedua kalinya. Meski untuk yang satu ini harus sudah mulai mencari pekerjaan tidak tetap karena tidak semua kebutuhan dipenuhi orang tua lagi.

Selesai pendidikan, akhirnya saya mendapatkan pekerjaan pertama di Magelang dan berakhir menjadi anak kos pula. Dan pada akhirnya saya memutuskan pindah ke Jakarta karena tergiur dengan ucapan mudahnya mencari pekerjaan di Jakarta.

Dan tak lupa, predikat anak kos plus anak rantau juga masih menempel pada diri ini.

Sebenarnya ngekos di kota mana pun hampir sama. Tapi ada beberapa perbedaan kos di Jakarta jika dibandingkan dengan kota-kota lain yang saya singgahi sebelumnya, sebut saja Yogyakarta, Magelang dan Padangsidimpuan. Ngekos di Yogyakarta dan Magelang itu sangat menyenangkan karena penduduknya juga sangat ramah.

Untuk yang di Padangsidimpuan juga tak ada masalah, karena memang masih satu daerah dengan saya jadi masih sering pulang kampung. Nah, jika kos di Jakarta memang ada sedikit perbedaan di bandingkan dengan kota-kota tersebut. Mungkin bagi kamu yang kos di Jakarta pernah merasakannya juga.

1. Mengenal Berbagai Suku, Budaya dan Adat Karena Jakarta Merupakan Tujuan Para Pencari Kerja.

Jakarta memang sering digambarkan juga sebagai salah satu kota yang sangat kejam. Bahkan sudah tak asing lagi dengan istilah Ibu Kota lebih kejam dari Ibu Tiri. Dan ada juga sebuah lagu yang mengangkat tentang Jakarta dan menyarankan untuk tidak datang ke ibukota (siapa suruh datang ke Jakarta).

Mengenal berbagai suku


Tapi toh pesona Jakarta masih mampu menjaring para pencari kerja untuk menjajal keberuntungan di Jakarta. Jadi tak salah lagi manusia dari berbagai penjuru nusantara berkumpul di Jakarta.

Disini kita bisa belajar budaya dan adat-istiadat dari penjuru daerah. Apalagi bagi kita yang mempunyai teman-teman dari berbagai daerah.

2. Mode Transportasi yang Beragam, Sehingga Sangat Menunjang Aktifitas Sehari-hari.

Untuk masalah yang satu ini tak perlu diragukan lagi, sebagai anak kos pasti kita sudah menggunakan beberapa mode transportasi yang ada di Jakarta. Sebut saja Bus Transjakarta, Taxi, Bajai, Angkot, Kerata Api dan Pesawat.

Nah, dengan berbagai mode transportasi yang sangat menunjang tersebut sehingga kita betah menjadi anak kos di Jakarta.

Bus Tranjakarta via http://megapolitan.kompas.com


Memang di kota lain juga mode trasnportasinya hampir sama, tapi untuk yang satu ini saya merasakan lebih asyik di Jakarta jika menggunakan transportasi umum.

3. Anak Kos Jakarta Juga Kadang Cuek dan Acuh Tak Acuh, Jadi Hati-Hati Dalam Memilih Kosan.

Bagi anak kos yang sudah kerja biasanya kegiatan dan pola hidupnya cukup berbeda jauh dengan anak kos yang masih menempuh pendidikan. Jangan heran jika kamu jarang melihat anak kos sebelah atau mungkin bisa juga kamu gak kenal dengan anak kosan sebelah.

Tidak saling mengenal antara penghuni kos juga sudah tak asing lagi di Jakarta, dan biasanya itu bagi mereka yang tidak ingin privasinya terganggu. Tapi jangan sampai kita tidak mengenal sebagian dari anak kos yang satu kosan, karena itu sangat berbahaya.

Faktanya, saya punya teman kosan di Slipi yang tidak satu pun penghuni  kos yang dekat dengannya. Dan akhirnya satu kosan geger gara-gara anak kos tersebut ditemukan sakit di dalam kamar dan sudah kurang lebih 1 minggu, dan beberapa bulan kemudian akhirnya meninggal.

4. Anak Kos Jakarta Juga di Untungkan dengan Berbagai Fasilitas yang Lengkap di Jakarta.

Berbeda dengan kota-kota lainnya di Indoensia. Jakarta menawarkan segalanya, mulai dari kuliner, tempat nongkrng di kafe, tempat shopping atau pun yang suka traveling. Semua bisa di temukan di Jakarta.

Kota Tua by https://hello-pet.com

Kota Tua by https://hello-pet.com


Berbagai destinasi wisata akan memuaskan hasrat bagi anak kos yang hobby traveling, sebut saja kepualan seribu dengan pantai-pantai yang indah dan pasir putih. Taman Mini Indonesia Indah bagi yang ingin mempelajari budaya dan adat-istiadat Indonesia atau bagi pengagum arsitektur ada berbagai museum dan gedung-gedung yang khas di Jakarta.

5. Anak Kos Jakarta Jauh Lebih Mandiri Dibandingkan Dengan Kos di Kota Lain.

Tak ada niat untuk membedakan, sejatinya dimana pun kamu tinggal dan kos akan melatih kemandirian. Karena semua pengeluaran serta pemasukan harus dikelola sendiri untuk bisa bertahan hidup. Namun, kerasnya Jakarta, akan membuat seseorang mampu bertambah lebih mandiri.

Lebih mandiri


Mau tidak mau, suka tidak suka. Kita harus mengikuti kemajuan yang ada di Jakarta atau harus rela berjalan selangkah dibelakang dari kemajuan.

Itu sih sebenarnya pilihan, ambil saja yang sejalan dengan pemikiran dan yang pastinya tidak merugikan orang lain dan dirimu sendiri.

Itulah lima keuntungan yang diperoleh jika menjadi anak kos di Jakarta.

About the Author:

Anak kos yang doyan kelayaban ke tempat-tempay indah