Sejarah kerak telor dan cara membuatnya (betawi punye)

Sejarah kerak telor dan cara membuatnya (betawi punye)

By |2017-11-10T14:32:49+00:00November 13th, 2017|Kuliner|2 Comments

Pedagang kerak telor di luar arena Pekan Raya Jakarta, tempo.co

Setiap kota tentunya mempunyai makanan khas masing-masing, yang pasti tidak sama baik rasa maupun ciri khas tersendiri dengan kota kota lain. Hal ini juga berlaku pada kota Jakarta, yaps kota Jakarta adalah ibu kota Indonesia, selain terkenal dengan kemajuan kota nya, kota Jakarta juga terkenal dengan makanan khas nya yaitu kerak telor.

Sejarah singkat tentang kerak telor yang belum di ketahui banyak orang

 Kerak telor adalah makanan khas betawi yang terbuat dari bahan beras ketan putih  telur ayam, ebim (udang kecil) dan bawang merah goreng yang nantinya ditambah bumbu halus seperti cabai merah, kencur, jahe, garam, gula pasir, merica butiran, dan suiran kelapa yang sudah di sangrai.

Perlu diketahui kerak Telor sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Semuanya berawal dari puluhan tahun yang lal,  dimana makanan lezat yang satu ini tercipta secara tidak sengaja atau coba coba oleh  sekawanan orang Betawi yang tinggal di daerah Menteng ibukota Jakarta.

Pada waktu itu di Jakarta atau dulu dikenal dengan Batavia masih mempunyai banyak pohon kelapa yang tumbuh subur memenuhi wilayah Batavia, dikarenakan banyaknya pohon Kelapa masyarakat Betawi ingin memanfaatkan hasil dari buah Kelapa itu selain diminum atau dibikin minyak saja.

 

Ada dua jenis Kerak Telor yang kita kenal sampai sekarang :

Kerak Telor Ayam : Terbuat dari Telor Ayam

Kerak Telor Bebek : Terbuat dari Telor Bebek

Bumbu dan toping nya sama saja yang membedakan hanya lah telor dan tentunya rasa dari masing masing telor nya saja.

 

Cara membuat kerak telor dengan mudah

Bahan bahan

 

  • 200 gram beras ketan putih yang sudah di bersihkan
  • 500 ml air bersih
  • 200 gram kelapa yang sudah di parut, sangrai untuk penabur atau toping
  • 30 gram ebi udang, seduh, sangrai, dan haluskan
  • 10 butir telur bebek
  • 60 gram bawang merah, goreng kering untuk toping
  • 2 sendok makan minyak goreng untuk menumis bumbu halus
  • Bawang merah goreng khusus untuk taburan

 

Bumbu dihaluskan:

 

  • 8 buah cabai merah keriting
  • 1 sdt merica butiran
  • 6 cm kencur
  • 2 cm jahe

 

Cara membuat kerak telor betawi :

-Rendam beras ketan putih (yang sudah di bersihkan sebelumnya)  di dalam air selama satu malam, tiriskan.

-Panaskan minyak sayur, tumis bumbu halus hingga tercium harum.

-Bubuhkan 3 sendok makan beras ketan putih pada wajan cekung yang sudah panas. Siram dengan 5 sendok makan air redaman beras, biarkan hingga agak kering.

-siapkan tempat dan kocok 2 butir telur bebek, 1 sendok teh bumbu halus yang sudah ditumis, 1 sendok teh ebi, 1 sendok makan bawang merah goreng, 1/8 sendok teh gula pasir, dan 1/8 sendok teh garam bubuk.

-Siram campuran tersebut ke atas ketan pada wajan, aduk sambil ratakan dan atur ketebalannya dengan mengira-ngira. Tutup wajan hingga matang. Balik wajan cekung di atas bara api, biarkan sampai benar-benar matang.

-selesai, tinggal taburi toping dari  kelapa sangrai dan bawang goreng sebelum disajikan.

 

Simple saja cara membuat nya, maka tidak heran jika sang penemu kerak telor dengan tidak sengaja menemukan makanan yang sangat populer ini, nah jika kamu berkunjung ke Jakarta kamu dapat menemukan makanan ini dengan mudah,apa lagi jika kamu berkunjung ke monas (monument nasional) disitu terdapat banyak makanan khas Jakarta bukan hanya kerak telor saja, contoh makanan khas Jakarta lain nya yaitu bir pletok, soto betawi, dan lain lain.

 

Ayo datang kejakarta dan rasakan makanan khas nya yang tidak mungkin sama rasanya dengan kota kota lain, ajak teman keluarga pacar sahabat atau kerabat untuk berkunjung ke Jakarta.

About the Author: