Sejarah Kampung Melayu di Jakarta

Sejarah Kampung Melayu di Jakarta

By |2018-02-27T09:06:52+00:00Februari 2nd, 2018|Pendidikan|0 Comments

Ada yang tahu Kampung Melayu di Jakarta ? Atau mungkin Anda tinggal di sana ? Tau sejarahnyha kampung Melayu ?

Nah diartikel Kali ini kita akan menjelaskan Sejarah Kampung Melayu di Jakarta dengan narasumber terpercaya yaitu Bpk. Kartum, ahli sejarah di DKI JAKARTA.

Kampung Melayu itu sendiri berada di Jakarta Timur dan ternyata memiliki sejarah yang cukup unik sepanjang terbentuknya Batavia.

Pemerhati sejarah Jakarta sekaligus pendiri Jelajah Budaya, Kartum mengatakan bahwa seperti namanya, Kampung Melayu sendiri terbentuk dari kumpulan orang-orang etnis Melayu yang didatangkan Belanda pada masa awal kolonialisme.

Menurutnya, dulu untuk mengembangkan Batavia memang Belanda mendatangkan banyak orang, dengan perannya masing-masing. Ada orang Melayu, orang Banda, Tionghoa dan lainnya.

Orang-orang di Kampung Melayu ini berasal dari utara Selat Malaka, utara Pulau Sumatera, Singapura, Malaysia, dan sekitarnya.

Mereka telah aktif berdagang dengan bangsa Portugis, Belanda, Inggris dan Tionghoa sejak tahun 1400. Oleh karena itu, memang Belanda pada masa itu membutuhkan mereka untuk mengembangkan Kota Batavia yang sekarang jadi Jakarta.

Orang-orang dari berbagai etnis ini biasa dikelompokkan oleh Belanda kedalam pemukiman-pemukiman khusus. Gunanya agar mudah mengontrol dan menanggulangi kerusuhan, seperti kerusuhan Tionghoa yang terjadi pada 1740.

Saat pengelompokkan wilayah itu transportasi utama masih mengandalkan sungai. Karena belum adanya jalan utama yaitu Jalan Raya Pos buatan Daendels yang sekarang melintasi Kampung Melayu. Sekumpulan orang melayu tersebut memilih menetap dekat dengan Sungai Ciliwung yang menghubungkan daerah sekitar Batavia.

About the Author: