Revolusi Teknologi Smartphone dengan Desain Modular

Revolusi Teknologi Smartphone dengan Desain Modular

By |2018-01-20T22:54:55+00:00Januari 22nd, 2018|Teknologi|0 Comments

BLOGGERJAKARTA.COM – Perkembangan teknologi setiap tahunnya di akui banyak mengalami peningkatan. Smartphone contohnya, setiap tahunnya selalu mengalami berbagai perubahan dari yang bertombol dengan layar yang kecil, kini telah disulap menjadi layar sentuh dengan ukuran besar dan memiliki variasi sentuhan yang menarik.

Dulu namanya handphone yang digunakan hanya untuk alat komunikasi dan berkirim pesan, namun kini telah berganti nama menjadi smartphone yang fungsinya semakin bertambah dengan berbagai fitur dan kecanggihan yang ada didalam perangkat tersebut.

Berbagai produsen teknologi berlomba – lomba dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas dari produk mereka. Bahkan awal tahun 2017 ini fitur dan model terbaru dari smartphone semakin bertambah canggih.Perkembangan teknologi kini telah berhasil menciptakan sesuatu yang baru dari tampilan perangkat Smartphone, yaitu Desain Modular.

Apa itu desain modular dari smartphone? Ialah konsep dari bentuk smartphone dimana komponennya bisa di bongkar pasang atau dipecah belah. Revolusi Teknologi, Smartphone dengan Desain Modular dimana setiap bagian dari komponen ponsel pintar tersebut seperti kamera, bluetooth, Cpu, Memory, speaker, Gpu dan bagian lainnya bisa di tukar dan di gonti – ganti. Perusahaan – perusahaan besar pun mulai berusaha memasukan konsep modular ini kedalam produk mereka.

Google inc

Perusahaan Google yang pertama kali mengembangkan smartphone dengan konsep modular. Project Ara, ponsel pintar besutan google berdesain modular ini mengawali Revolusi teknologi, Smartphone dengan Desain Modular merupakan salah satu perangkat hasil dari proyek ATAP (Advanced Technology and Projects) dan sudah di deklarasikan sejak beberapa tahun lalu.

Projeck Ara untuk pengembangan akan hadir dengan layar 5,3 inci dan menggunakan sistem operasi Android N. Ada 6 buah slot modular yang bisa dibongkar pasang di smartphone ini, kamera, layar e-ink, memori, baterai, dan speaker. Keunikan dari Project Araadalah setiap bagian komponen modul bisa dibongkar pasang tanpa harus mematikan dulu smartphone tersebut.

Motorola

Smartphone berkonsep modular berikutnya besutan dari Motorola yang telah diumumkan pada ajang TechWorld yang diselenggarakan oleh Lenovo. Moto Z dan Moto Z Force adalah dua perangkat smartphone yang menerapkan desain teknologi modular.

Motorola menamainya sebagai ‘SnapPhones’, dimana kedua tipe perangkat tersebut memiliki perbedaan yang terletak pada cara pemasangan modul “Moto Mods”. Moto Z terlihat lebih mudah karena membongkar pasang modul di bagian belakangnya tanpa harus merestart ponsel tersebut.

Ada empat desain Moto Mods pada kedua perangkat ini, yakni JBL Sound Boost Speaker, Incipio Off-Grid Power Pack, Moto Insta-Share Projector, dan Moto Style Shell. Pada Moto Z force, pengembang dari ponsel ini memberikan baterai lebih besar, yakni 3.500 mAh, kamera utama 21MP dan layar kaca yang memiliki teknologi ShatterShield.Revolusi teknologi, Smartphone dengan Desain Modular keluaran dari Motorola ini sudah dipasarkan pada bulan September tahun 2016.

Flagship LG G5

 

Banyak rumor yang mengatakan bahwa Flagship LG G5 yang dikembangkan oleh perusahaan LG memakai desain modular. Faktanya hal itu memang benar dan seperti biasanya Smartphone keluaran dari produk LG selalu memberikan banyak kejutan kepada para penggunanya.

Smartphone berdesain modular tersebut resmi diumumkan LG pada acara MWC 2016 yang diselenggarakan di Barcelona tanggal 21 Februari tahun lalu. Pada umumnya konsep smartphone Flagship tidak memungkinkan baterainya bisa dilepas dengan mudah, karena berdesain unibodi dan material metal.

Namun hal tersebut sangat bertolak belakang dengan smartphone Flagship LG G5.Revolusi teknologi, Smartphone dengan Desain Modular keluaran produk LG ini tergolong sangat unik karena baterai dari smartphone bertipe Flagship ini bisa dilepas.

Bahkan cara melepaskannya pun hanya dengan menekan tombol yang ada di setiap sisinya agar tempat baterai yang ada dibagian bawahnya terbuka. Spesifikasi LG G5 pun sangat menarik perhatian para pengguna, yaitu memiliki layar 5,3 inci beresolusi Quad HD dan layar sekunder yang mirip dengan LG V10, chipset Qualcomm snapdragon 820, dan kamera 16MP.Flagship LG G5 ini tentu sangat menggiurkan banyak orang dan membuat pengguna ingin memiliki smartphone tersebut.

About the Author:

Seorang introvert yang menyukai blogging dan dunia kepenulisan pada akhir tahun 2015 | Part Time Blogger | Content Review | Co-Founder Tinulis ID