Museum Sumpah Pemuda : Sejarah Yang Bikin Haru

Museum Sumpah Pemuda : Sejarah Yang Bikin Haru

By |2018-01-24T12:23:45+00:00Januari 25th, 2018|Wisata|0 Comments

Sebab kita yakin, bahwa persatuanlah yang kelak kemudian hari membawa kita kearah terkabulnya impian kita” INDONESIA – MERDEKA (Ir. Soekarno, “Suluh Indonesia Muda” 1928.

BLOGGERJAKARTA.COM – Sebagai pemuda indonesia memang sudah seharusnya untuk bisa mengenal lebih dekat lagi dengan sejarah – sejarah kemerdekaan Indonesia, karena bangsa yang merdeka adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya.

Minggu pagi yang gabut gue sempatkan untuk datang ke Jakarta dan memgajak kedua teman untuk menemani saya berkunjung ke museum – museum yang ada di Jakarta,

Sebenernya ada tiga musem yang pengin saya datengin hari itu, yaitu ; museum sumpah pemuda, museum kebangkitan nasional dan museum juang, namun karena kita terlalu asik jadi kita hanya bisa mengunjungi dua museum saja.

Museum sumpah pemuda terletak di Jl. Kramat Raya Mo. 106, Jakarta 10420
Akses untuk menuju kesana sangatlah mudah, kalian tinggal ikutin peta saja kalau menggunakan GPS, atau bisa menggunakan jasa ojek online agar tidak terlalu ribet hehehe

Ok sekarang kita sudah sampai di Museum Sumpah pemuda, untuk.masuk ke dalam kita akan dikenakan biaya masuk 2000/orang, biaya yang sangat murah.

Kesan pertama saya memasuki museum sumpah pemuda langsung disambut dengan lagu-lagu kebangsaan indonesia raya yang bikin bulu kuduku merinding seketika, dengan pemandangan benda-benda bersejarah tentang kongres sumpah pemuda,

Dari ruangan pertama saya terus berjalan keruangan kedua, ruangan yang berisikan tentang puisi-puisi yang lagi-lagi bikin bulu kuduk merinding, berikut beberapa puisi-puisinya :

“Dengan diikrarkanya sumpah pemuda pada 28 Oktober 1928, maka sudah tidak adalagi ide kesukuan atau ide kepulauan atau ide provisialisme atau ide federalism, Daerah-daerah adalah bagian-bagian yang tak bisa dipisah-pisahkan dari satu tubuh, yaitu TANAH AIR INDONESIA, BANGSA INDONESIA, DAN BAHASA INDONESIA, sumpah pemuda adalah ide persatuan dan kesatuan bangsa, kesatuan Tanah Air Indonesia, dan kesatuan Bahasa,, sumpah Pemuda adalah ide kebangsaan Indonesia yang bulat dan bersatu. WARISILAH API SUMPAH PEMUDA”

“Aku hanya orang biasa yang bekerja untuk bangsa Indonesia dengan cara Indonesia,
Namun yang penting untuk kalian yakini, sesaatpun aku tak pernah mengkhiyanati tanah air dan bangsaku, lahir maupun bathin aku tak pernah mengkorup kekayaan negara.
Aku bersyukur kepada Tuhan yang telah menyelamatkan langkah perjuanganku” (Pesan Ki Hajar Dewantara)

“Bagi kita, Pemuda Indonesia bukanlah masalah keyakinan, bukan masalah benar atau tidak benar.

Persatuan Indonesia adalah masalah yang berakar dalam diri kita masing-masing, suatu masalah yang membangunkan kesadaran kita yang dalam.

MAU ATAU TIDAK KITA SEMUA TEROLONG BANGSA INDONESIA, MAU ATAU TIDAK DI DALAM TUBUH KITA MENGALIR DARAH INDONESIA.”

“MEMPEROLEH INDONESIA MERDEKA ADALAH KEWAJIBAN YANG TERLUHUR BUAT ANAK NEGRI INDONESIA”

Ruangan selanjutnya yaitu, ruangan lagu Indonesia raya, disitu terpampang sejarah lagu Indonesia raya dan terpampang juga pecipta lagu Indonesia raya serta peninggalan biolanya yang dipakai pada masa itu, terdapat juga sejarah tentang biola WR. supratman.

Baca Juga :

Sepanjang memasuki setiap ruangan selalu memberikan aura-aura kental sejarah Indonesia.

Dari ruangan ini saya lanjutkan ke ruangan selanjutnya, yaitu ruangan bagian tengah, yang isinya sumpah pemuda, dan di samping kira ada beberapa replika WR. Supratman yang sedang menyanyikan lagu Indonesia raya untuk pertama kalinya.

Ruangan selanjutnya adalah ruangan paling belakang, untuk masuk ruangan tersebut harus kembali mengisi buku tamu lagi, ruangan ini adalah ruangan sejarah tokoh Emma Poeradiredja yaitu salah satu tokoh pejuang wanita di tiga jaman, yaitu jaman Hindia Belanda, Jaman Jepang dan Pasca Kemerdekaan.

Di ruangan ini terdapat kuis dimana isinyà adalah pertanyaan seputar sejarah Emma Poeradiredja, so buat kamu silahkan baca-baca terlebih dahulu sebelum membuka momer yang berisikan pertanyaan tersebut, karena akan percuma saja kalian buka jika tidak tahu jawabanya.

Selain itu juga terdapat dinding notif yang berisikan tentang ucapan atau kesan dan pesan kalian.

***
Setelah dirasa cukup, kami kembali melanjutkan perjalanan ke museim selanjutnya, yaitu museum Kebangkitan Nasional, museum ini terletak di Jl. Raya dari museum sumpah pemuda kalian tinggal lurus aja.
Harga tiket masih sama yaitu 2.000/orang.

Museum Kebangkitan Nasional ini sangat luas, hijau dan asri, dan terdapat berbagai fasilitas, seperti mushola dan ruangan yang bisa di gunakan untuk acara-acara. Namun karena waktu kita sudah habis di Museum Sumpah Pemuda kami hanya bisa sebentar saja karena jam buka hanya sampai dengan jam 16:00 WIB.

About the Author: