Museum Macan! Salah Satu Museum Art Yang Wajib Dikunjungi

Museum Macan! Salah Satu Museum Art Yang Wajib Dikunjungi

By |2018-04-09T22:43:48+00:00April 9th, 2018|Wisata|0 Comments

Halo para museum addict! Ada yang baru nih di Jakarta! Apa itu? Yupz, Museum Macan namanya!

Berada di Wisma AKR Lantai MM, Jl Panjang No 5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat dan museum ini wajib masuk dalam bucked list kalian. Gimana tidak? Museum yang bertajuk Art Turns World Turns menyajikan banyak sekali karya-karya dari seniman Indonesia, dan bukan hanya itu, karya dari seniman Eropa, China, dan Amerika Utara, serta lainnya pun ikut memeriahkan isi dari museum ini.

Museum Macan

Museum Macan by @febe_shinta

Museum yang memiliki nomor telepon (021) 22121888, dibuka dari hari Selasa sampai dengan Minggu, dan bisa kalian kunjungi di jam operasional yakni 10.00 hingga 19.00 WIB. Oh iya, perlu kalian ketahui, Museum Macan tutup dihari Senin dan hari libur nasional.

Dibandrol dengan harga Rp 50.000,- untuk orang dewasa, Rp 40.000,- untuk pelajar/lansia, dan Rp 30.000,- untuk anak-anak, membuat museum ini kian ramai karena harganya yang pas dikantong untuk masyarakat pada umumnya.

Museum Macan

Museum Macan by @febe_shinta

Disamping itu, pemilik Instagram @museummacan juga menawarkan kartu keanggotaan yang biasa disebut dengan Macan Society. Harga yang ditawarkanpun bervariatif, mulai dari Rp 300.000,- untuk dewasa, Rp 180.000,- untuk pelajar, dan Rp 750.000,- untuk keluarga (2 dewasa, 2 anak-anak) per tahun.

Untuk detailnya mengenai kartu keanggotaan kalian bisa email ke membership@museummacan.org dan untuk harga khusus grup bisa juga email ke info@museummacan.org

Taken by @febe_shinta

Gimana untuk pembelian tiketnya?

Mudah kok! Tiket bisa dibeli dengan dua cara yakni secara online di https://ticket.museummacan.org atau beli ditempat. Oh iya, disarankan kalian beli secara online terlebih dahulu, jadi saat datang tinggal scan barcode dan masuk. Nah, kalau beli secara langsung, antriannya lumayan panjang dan ramai, bukan hanya itu, kalian akan terhambat masuk (bergilir) apabila pengunjungnya terlalu banyak.

Khusus untuk pembelian tiket secara online, disini aku mau menjelaskan lebih detail agar kalian tidak bingung menggunakannya. Setelah registrasi secara online, kalian akan mendapatkan E-Tiket dari Museum Macan, dan itu hanya berlaku 2 jam dari pemesanan awal untuk scan masuk ke museum.

Taken by @febe_shinta

Bingung? Jika iya, coba simak contoh dibawah ini:

Misalnya kalian memesan tiket dijam 10.00 WIB, itu berarti batas terakhir scan masuk ke museum yakni jam 12.00 WIB, jika lewat dari jam tersebut, dipastikan tiket kalian akan hangus. So, aku anggap dengan contoh tadi kalian sudah paham apa yang dimaksudkan. Jika belum, kalian bisa email ke tickets@museummacan.org

Taken by @febe_shinta

Taken by @febe_shinta

Yang tidak kalah penting adalah museum ini juga difasilitasi dengan Infinity Mirrored Room! Ruangan ini  merupakan spot foto yang instagramable dan selalu menjadi incaran para pengunjung. Mau tahu kayak apa? Cus simak gambarnya:

Taken by @febe_shinta

Taken by @febe_shinta

Untuk foto seperti diatas, kalian harus rela antri yang lumayan panjang karena peminatnya begitu banyak. Cuma boleh diisi oleh dua orang didalam roomnya, kalian hanya diberikan waktu 45 detik untuk berfoto didalam.

Taken by @febe_shinta

Nah, adapun peraturan yang harus kalian ketahui selama berada didalam area museum yaitu:

  1. Dilarang menyentuh karya seni
  2. Tidak boleh bersandar ditembok
  3. Wajib menitipkan ransel atau tas yang ukurannya melebihi genggaman tangan
  4. Dilarang foto menggunakan flash
  5. Dilarang membawa makanan dari luar ke dalam area museum
  6. Diperbolehkan memakai kamera DSLR/Mirorless

Taken by @febe_shinta

Sekarang berbicara soal transportasi, kalian bisa naik kereta commuterline ke jurusan Tangerang dan turun di Stasiun Pesing. Setelah itu dilanjutkan dengan transportasi online menuju Wisma AKR dengan menghabiskan waktu kurang lebih 25 menit. Dan buat kalian yang membawa kendaraan pribadi bisa parkir dilantai P1-P5 untuk kendaraan roda empat dan dilantai P3 untuk kendaraan roda dua.

Jadi, apalagi yang kalian tunggu? Informasi diatas sudah cukup lengkapkan untuk memandu kalian ke Museum Macan? So, sudah tidak alasan lagi.

Selamat liburan!

Author: @febe_shinta (www.febeshinta.com)

About the Author:

Hiii.... I'm Febe Sinta Franciska author of this blog and also my private blog www.febeshinta.com Please enjoy both of this website with a cup of drink or just to kill your time. Me love you all :)