Menikmati Pesona Kepulauan Seribu dalam Sehari

Menikmati Pesona Kepulauan Seribu dalam Sehari

By |2018-01-17T16:49:00+00:00November 1st, 2017|Wisata|1 Comment

Punya jatah libur sehari dalam seminggu, memang  membuat kita harus pandai-pandai menggunakan waktu libur. Godaan berlibur ke berbagai destinasi apik nan memikat kerap menjadi cobaan di antara jatah libur yang sangat-sangat terbatas. Godaan pantai yang landai, pasir putih yang terasa hangat di telapak kaki, hawa sejuk pegunungan, benar-benar menjadi ritme yang amat sangat dirindukan. Bukan hal yang aneh jika hari libur sehari digunakan untuk menikmati hawa puncak, tapi bisakah satu hari itu digunakan untuk menikmati pesona kepulauan seribu ?

Source : Dokumentasi pribadi

Nah,  Bagi warga Jakarta yang memiliki jatah libur hanya di hari minggu atau sehari dalam seminggu, jangan sedih dulu, kamu tetap bisa menikmati nyanyian angin pantai plus pesona alam yang disuguhkan kepulauan seribu hanya dalam waktu sehari. Mau tahu pulau mana saja di kepulauan seribu yang bisa dinikmati dalam sehari ? Simak Yuk

1.Pulau Kelor

Pulau Kelor adalah Pulau yang termasuk pada Gugusan Kepulauan Seribu. Semula pulau ini bernama Pulau Kherkof. Jaraknya hanya 1,8 Km dari Ancol. Di Pulau ini terdapat sisa-sisa peninggalan zaman Belanda seperti galangan kapal dan Benteng yang dibangun VOC  pada abad ke-17 untuk menghindari serangan Portugis.

Source : Dokumentasi pribadi (Benteng Martello)

Luas Pulau Kelor memang terbilang kecil, namun dengan keindahan yang dimiliki, Pulau Kelor mampu menarik banyak wisatawan. Pantai yang landai lengkap dengan pasir putihnya, Benteng Martello dengan kegagahan arsitekturnya, dan tentunya silir semilir angin pantai yang seolah menjadi nyanyian nusantara yang amat sangat mampu membuat betah berada disana meskipun hanya untuk makan bersama keluarga atau sekedar cuap-cuap santai dengan beralas tikar.

Source: Dokumentasi Pribadi (Keindahan Pantai di Pulau Kelor)

2. Pulau Onrust

Pulau Onrust merupakan Pulau yang berdekatan dengan pulau bidadari dan masih termasuk pada Gugusan Kepulauan Seribu. Jarak Pulau Onrust hanya 10 menit berperahu dari Pulau Kelor. Pada masa Kolonial Belanda, Pulau Onrust lebih dikenal dengan Pulau Kapal karena pulau ini menjadi tempat persinggahan Kapal-kapal Belanda sebelum menuju Batavia ( Jakarta ).

Source: Dokumentasi Pribadi

Di Pulau Onrust, kamu akan banyak menemukan berbagai peninggalan bersejarah pada masa Kolonial Belanda seperti meriam yang umurnya sudah 1700 tahun, komplek pemakaman Belanda, makam keramat pimpinan pemberontakan DI/TII yaitu Kartosowirdjo. Bagi yang ingin lebih mengenal sejarah, Pulau Onrust bisa menjadi destinasi pilihan.

3. Pulau Cipir

Source: Dokumentasi Pribadi (sisa-sisa bangunan Rumah Sakit)

Pulau Cipir adalah Pulau yang termasuk pada Gugusan Kepulauan Seribu. Pulau ini juga dikenal dengan Pulau Kahyangan. Luas pulau cipir lebih kecil dari Pulau Onrust, namun tetap lebih besar dari pulau kelor. Di Pulau Cipir, kamu akan menemukan sisa-sisa bangunan bekas Rumah Sakit pada tahun 1911-1933. Selain itu di Pulau Cipir, kamu juga bisa menemukan barak karantina haji, dan benteng pertahanan meski tidak seperti benteng Martello dan hanya berupa benteng pertahanan  biasa, benteng di Pulau Cipir menjadi saksi bahwa Pulau Cipir penah berjaya pada tahunnya.

Sedikit mungkin akan tampak sama dengan Pulau Onrust, tapi jika ditelaah lebih dalam, Pulau Cipir memiliki pesona pantai yang tak kalah menarik dengan pantai di Pulau Kelor. Jadi, selain kamu bisa belajar sejarah, di Pulau Cipir juga kamu bisa menikmati keindahan pantai.

Source: Dokumentasi Pribadi (Bersantai di Pulau Cipir)

Jika kamu ingin menikmati ketiga pulau tersebut dalam waktu sehari, jangan khawatiir, kamu tetep bisa melakukannya. Untuk menikmati  ketiga pulau diatas sekaligus dalam waktu sehari, kamu cukup merogoh koceh sebesar Rp. 99.000- melalui jasa tour and travel. For your information, saat itu saya menggunakan jasa tour dari simpink. Untuk informasi lebih lanjut, bisa langsung follow ignya di akun @kepulauan.seribu (simpink travel).

Gimana murahkan ?

Nah, itu dia referensi liburan ke Kepulauan Seribu yang bisa dinikmati dalam waktu sehari. Libur Cuma hari Minggu ? Gak masalah kok ! Yuk kita liburan !

About the Author:

Mengarsipkan cerita, membagikan berita.