Masjid Ramlie Musofa, Taj Mahal Rasa Jakarta

Masjid Ramlie Musofa, Taj Mahal Rasa Jakarta

By |2018-07-21T23:17:39+00:00Juli 21st, 2018|Wisata|0 Comments

Mungkin belum banyak yang tahu kalau di Jakarta terdapat masjid megah layaknya Taj Mahal di India. Bagaimana tidak, bangunan ini sengaja dibuat untuk mengenang mereka yang dicinta.

Penamaan masjid ini merupakan gabungan dari nama beliau, istri dan anak-anaknya. Ram (Ramlie Rosidin), Lie (Lie Njoek Kim), Mu (Musofa), So (Sofian), Fa (Fabianto). Masjid ini memiliki luas 2.000 meter persegi.

Sebelum memasuki masjid, kami menuju tempat wudhu. Ruangan untuk wudhu sangatlah nyaman dan banyak.

Begitu memasuki bangunan masjid, kami takjub interior Masjid Ramlie Musofa ini tidak kalah dengan arsitektur luarnya. Kami menatap langit-langit gedung. Begitu indahnya tempat ibadah ini.

Kubahnya sangat eksotik dengan ukiran huruf Arab. Masjid ini mampu menampung 1000 jamaah. Selain itu, di sisi kanan masjid terdapat lift yang dikhususkan untuk lansia dan ibu hamil.

Baru kali ini melihat masjid yang memiliki fasilitas lift bagi jemaahnya di Jakarta. Masjid ini memiliki 4 lantai. Untuk lantai 4 tidak dibuka untuk umum. Bagi teman-teman yang berkunjung dan lupa membawa mukena, bisa meminjam mukena di lantai 3.

Lokasi Masjid Ramlie Musofa

masjid ramlie musofa

Lokasi masjid ini ada di Jalan Danau Sunter Raya Selatan Blok I / 10 No. 12C – 14A, RT.13/RW.16, Sunter Agung, Tanjung. Priok, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14350. Lokasinya dekat dengan danau Sunter.

Untuk akses ke sini lebih baik menggunakan ojek online/taksi. Masjid ini cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan ataupun warga sekitar. Masjid ini terbuka untuk umum jadi kapanpun kamu bisa datang.

Kuliner Samping Masjid Ramlie Musofa

Beberapa waktu yang lalu saya dan teman-teman klub buku dan blogger pergi ke Masjid Ramlie Musofa di daerah Sunter, Jakarta Utara. Kami pergi menggunakan mobil dan mengikuti arahan google maps untuk mencapai tujuan.

Setiba di sana sudah lewat jam makan siang. Saya dan teman-teman sudah kelaparan. Kami memutuskan untuk makan sate maranggi di samping Masjid Ramlie Musofa. Saya hanya pernah mendengar sate maranggi tapi sama sekali belum pernah mencicipinya.

sate maranggi

Rasa sate maranggi yang ada di sebelah masjid itu ternyata enak banget. Satenya dari daging sapi has dalam. Saya pilih yang tanpa lemak, jadi lebih mahal.

Untuk nasi saya pilih nasi liwet. Endes banget pokoknya. Satenya lembut dan aroma rempah-rempahnya berasa banget. Sate Marangginya cukup mahal. Tapi sebanding dengan rasanya.

Selain sate sapi, di sini juga menyediakan sate ayam. Oh ya, selain sate maranggi, ada juga sop iga sapi.

Kalau ini sih saya tidak makan, tapi teman saya yang mencicipi. Jadi saya tidak tahu rasanya. Untuk sate maranggi dari skala 0-10 saya kasih nilai 9 deh!

Arsitektur yang Memukau

masjid ramlie musofa

Setelah kenyang makan sate maranggi kami langsung menuju masjid. Nampak dari luar bangunan Masjid Ramlie Musofa begitu megah. Terlihat sangat mencolok daripada bangunan yang ada di sekitarnya.

Uniknya masjid ini memiliki ukiran huruf 3 bahasa. Bahasa Indonesia, bahasa Mandarin dan bahasa Arab. Kami diwajibkan menitipkan tas ukuran besar di pos pengamanan.

Ukiran Emas 3 Bahasa

masjid musofa ramlie

Kami memasuki halaman Masjid Ramlie Musofa. Bangunannya mengingatkan kami akan keindahan Taj Mahal yang ada di India. Untuk memasuki masjid kami harus melewati anak tangga yang diukir oleh tinta emas.

Ternyata tulisan emas tersebut adalah surat Al-Fatihah dan surat Al-Qariyah. Masjid Ramlie Musofa dibangun di tahun 2011 dan selesai pembangunannya pada tahun 2016. Pendiri masjid ini adalah Pak Haji Ramlie Rasidin. Beliau merupakan keturunan Tionghoa dan mualaf. Masjid ini diresmikan oleh beliau dan Prof Dr. Nasaruddin, Imam besar Masjid Istiqlal.

masjid musofa ramlie

Demikianlah sharing mengenai Masjid Ramlie Musofa. Bagi kamu warga Jakarta, masjid ini wajib masuk destinasi yang kamu kunjungi. Kapan lagi bisa merasakan Taj Mahal rasa Jakarta?

https://helloinez.com

 

About the Author: