Kuliner Yang Wajib Dinikmati Saat di Jakarta

Kuliner Yang Wajib Dinikmati Saat di Jakarta

By |2018-07-07T21:39:03+00:00Juli 7th, 2018|Kuliner|0 Comments

Berbicara tentang kuliner Jakarta mungkin tidak ada habisnya kita bahas. Hal ini karena begitu banyak kuliner khas ibukota yang sangat populer hingga saat ini.

Mungkin sebagian warga Jakarta tidak terlalu asing dengan kuliner berikut ini tetapi sebagian wisatawan yang sedang berlibur ke Jakarta mungkin belum mencobanya.

Berikut beberapa kuliner recomended yang wajib dinikmati ketika berada di Jakarta;

  1. Kerak Telor

Dari zaman dahulu sampe sekarang kerak telor masih sangat populer di kalangan masyarakat Betawi. Kuliner ini memiliki cita rasa khas di lidah. Kerak telor menyerupai martabak tetapi isinya berbeda serta cara membuatnya juga berbeda.

Rasa khas kerak telor itu tercipta dari cara membuatnya diatas tungku dan dibolak balik agar matang secara merata. Tungku inilah yang membuat khas cita rasa kerak telor ini berbeda dengan martabak/lainnya .

  1. Gado-gado

Siapa sih yg tidak kenal gado-gado ? Ibarat kata, gado-gado itu adalah saladnya orang Betawi. Isi dari gado-gado adalah beberapa sayuran dan potongan telur yang disirami dengan saus kacang.

Untuk lebih nikmat lagi gado-gado ini biasanya ditemani dengan lontong atau ketupat yang ditaburi dengan bawang goreng .

  1. Semur jengkol

Jengkol memiliki wangi khas (bau) yang sangat populer di lidah masyarakat Betawi bahkan masyarakat Indonesia. Jengkol biasanya dihidangkan dalam bentuk semur yang membuat cita rasanya semakin nikmat. Terlebih apabila ditemani dengan segelas teh manis hangat.

Meskipun ketika memakan semur jengkol akan menimbulkan bau khas tetapi hampir semua masyarakat Betawi menggemari makanan yang satu ini .

  1. Soto betawi

Sama seperti soto biasa tapi yang membedakan soto Betawi ini adalah isinya berupa daging sapi, tomat dan kentang. Selain itu masih ada santan yang sangat kental.

Soto Betawi lebih nikmat lagi ketika dihidangkan dengan sepiring nasi putih panas dan segelas es teh manis. Waktu paling pas tentu saja pada siang hari .

  1. Roti buaya

Mungkin sedikit aneh ketika didengar oleh masyarakat selain masyarakat Betawi. Namun roti ini adalah roti wajib yang dibawa ketika seorang pria akan melamar pujaan hatinya.

Bisa dikatakan roti buaya senatiasa ada pada acara pernikahan masyarakat Betawi. Selain rasanya enak, roti ini di namakan roti buaya karena bentuk nya seperti buaya .

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan, lain waktu akan kita bahas kembali tentang budaya jakarta karena budaya jakarta sangat luas untuk dibahas .

Terimakasik

About the Author: