Kota Tua Tempat Wisata Sejarah di Jakarta

Kota Tua Tempat Wisata Sejarah di Jakarta

By |2018-09-22T23:18:20+00:00September 22nd, 2018|Wisata|0 Comments

Kota Tua – Tempat yang paling bersejarah yang ada di ibukota Jakarta salah satunya adalah Kota Tua. Tempat wisata bersejarah ini senantiasa ramai dikunjungi oleh wisatawan asing dan lokal.

Kota Tua sebagai tempat wisata yang cocok untuk segala usia. Tidak hanya yang muda, tapi mereka yang anak-anak, remaja hingga orang tua bisa mengabadikan momen – momen seru dengan berswafoto.

Kota tua

Bangunan bersejarah apa saja yang ada di sekitar Kota Tua Jakarta?

Di Kota Tua banyak bangunan bersejarah dimana kamu bisa melihat peninggalan masa zaman dulu. Bebarapa diantaranya adalah: Museum Fatahillah, Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Bank Indonesia, Museum Seni Rupa dan Keramik, Toko Merah.

Bangunan bersejarah yang ada di Kota Tua

1. Museum Fatahillah

Museum ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Kota Tua. Museum ini merupakan saksi bisu dari perjuangan bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaan.

Harga tiket masuk : Rp 2.000 Jam buka : Selasa – Minggu, pukul 9 pagi – 3 sore

2. Pelabuhan Sunda Kelapa

Tempat wisata unik lainnya yang ada di Kota Tua Jakarta adalah Pelabuhan Sunda Kelapa. Pelabuhan ini merupakan  aset penting bagi bangsa sebab melalui pelabuhan ini Indonesia bisa terhubung dengan pihak dunia luar.

Harga tiket masuk : Rp. 2.500/ orang, parkir mobil Rp, 4.000 Jam buka : 24 jam setiap hari.

3. Museum Bank Indonesia

Sebelum dijadikan sebagai museum, dulunya tempat ini adalah rumah sakit Binnen Hospital. Namun seiring dengan berjalannya waktu rumah sakit ini fungsinya berubah menjadi bank yang diberi nama De Javasche Bank.

Harga tiket masuk : Free/ Gratis. Jam buka : Selasa – Kamis pukul 08.30 – 14.30, Jumat pukul 08.30 – 11.00, Sabtu – Minggu pukul 09.00 – 16.00.

4. Museum Seni Rupa dan Keramik

Di dalam museum ini pengunjung bisa melihat berbagai macam lukisan. Sedikitnya ada 350 lukisan dan ada 1.350 jenis keramik dari berbagai daerah misalnya saja dari Asia, Eropa dan tentunya juga dari Indonesia.

Harga tiket masuk : Dewasa Rp. 2.000, Mahasiswa Rp. 1.000 dan anak-anak atau pelajar Rp. 600

Jam buka : Selasa – Minggu pukul 09.00 – 15.00 ( hari Senin dan libur nasional tutup )

5. Toko Merah

Dinamakan Toko Merah dikarenakan semua desain yang ada di toko ini berwarna merah. Sebelum menjadi toko merah, dulunya tempat ini merupakan rumah dari seorang petinggi VOC.

Selain lima diatas sebenarnya masih ada yang lain. Sayang bukan bila ke Jakarta tanpa mengunjungi salah satu bangunan bersejarah tersebut.

Bagi kamu yang masih bingung akses ke tempat wisata Kota Tua, bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Berikut adalah cara menuju ke lokasi ini dan transportasinya:

KENDARAAN PRIBADI

Dari arah Tangerang, jarak tempuhnya ± 30 km. Rutenya dimulai dari Tangerang – Batu Ceper – Stasiun Grogol – Penjaringan – Museum Fatahillah – Kota Tua.

Dari arah Bekasi, jaraknya ± 35 km, bisa menggunakan rute Lingkar Luar Timur – Tol Tj. Priok – Tol Pelabuhan – Kota Tua.

Dari arah Bogor, jarak yang ditempuh ± 66 km. Rute yang bisa dilalui mulai dari Tol Jagorawi – Tol Cililitan 2 – Tol S. Parman – Jl. Pangeran Tubagus Angke – Jl. Kali Besar Timur – Kota Tua.

Dari arah Bandung, jarak yang ditempuh ± 164 km. Rutenya bisa dijangkau melalui Tol Pasteur – Tol Purbaleunyi – Tol Cipularang – Tol Jakarta/Cikampek – Lingkar Dalam Jakarta – Tol S. Parman – Jl. Pangeran Tubagus Angke – Jl. Kali Besar Timur – Kota Tua.

KENDARAAN UMUM

Dari bogor naik KRL, kamu bisa naik KRL jurusan Kota lalu turun di Stasiun Kota. Keluar dari stasiun kamu bisa jalan kaki sekitar 50 meter ke arah Kota Tua.

Jika kamu kebetulan ada di Jakarta kamu bisa naik Bus Transjakarta, jurusan Kota Tua kemudian langsung turun di halte Kota. Setelah itu kamu tinggal jalan saja untuk bisa mengelilingi kawasan wisata Kota Tua Jakarta ini.

Dari arah Pulo Gadung, kamu bisa naik Mikrolet 53 jurusan Pulo Gadung – Kota lalu turun di Kota Tua.

Nah, itulah beberapa tempat bersejarah dan transportasi yang bisa digunakan untuk mencapai ketempat tujuan. Semoga artikel kali ini bisa memberikan wawasan dan pengetahuan tempat bersejarah yang ada di Kota Tua.

 

About the Author: