Komunitas Lego Indonesia Sarana Berkumpul Kolektor Lego

Komunitas Lego Indonesia Sarana Berkumpul Kolektor Lego

By |2018-02-07T10:48:12+00:00September 24th, 2017|Komunitas|0 Comments

BloggerJakarta – Lego merupakan salah satu permainan yang cukup populer bukan hanya di Indonesia namun juga di seluruh penjuru dunia. Permainan yang terbuat dari blok pastik dengan beraneka ragam warna ini ternyata tidak hanya digemari oleh anak-anak saja, bahkan remaja hingga orang dewasa pun banyak yang menggemari permainan unik satu ini.

Di Indonesia, salah satu komunitas Lego terbesar  yang memiliki banyak sekali anggota adalah Komunitas Lego Indonesia (KLI). Komunitas yang berdiri sejak tanggal 13 Februari 2007 ini memiliki hampir 300 anggota aktif yang berasal dari berbagai macam latar belakang mulai dari pelajar hingga karyawan.

Ronald Tanoto, salah satu anggota di Komunitas Lego Indonesia dalam kesempatan meramaikan pagelaran event Smartfestival oleh Superbrands di kawasan Bintaro Xchange Park pada tanggal 24 September 2017 menerangkan, permainan lego bukan saja mengenai bagaimana merangkai potongan-potongan lego menjadi sebuah set lego yang berisi bangunan dan mini figure saja, namun juga menjadi salah satu sarana untuk mengasah daya imajinasi serta meningkatkan kreatifitas bagi para pecintanya.

Ronald pun menerangkan Komunitas Lego Indonesia pada awalnya didirikan oleh 4 orang yang sama-sama memiliki kecintaan teradap permainan satu ini, sejarah awalnya berdirinya komunitas ini dimulai dari sebatas saling menyapa melalui media sosial sampai bertemu dalam sebuah acara kopi darat hingga berkembang pesat sampai sekarang.

Di grup facebook Komunitas Lego Indonesia saja, sedikitnya terdapat 25.229 anggota yang mendaftar menjadi anggota grup Komunitas Lego Indonesia. Dan di halaman grup facebooknya, banyak sekali para anggota yang saling unjuk koleksi lego yang dimiliki serta membagikan cara-cara merakit sebuah set lego terbaru yang dimiliki.

Hingga saat ini Komunitas Lego Indonesia sudah berkembang menjadi wadah untuk berdiskusi, mencari inspirasi serta bersama-sama menyelenggarakan berbagai acara bagi para kolektor Lego untuk berjumpa dan mengenal secara langsung para pecinta Lego di seluruh Indonesia. Salah satu pagelaran yang umumnya sering diadakan secara rutin oleh Komunitas Lego Indonesia adalah kompetisi arsitektur set lego yang mana pada April 2017 lalu digelar di Balai Kartini, Jakarta.

Selanjutnya jika ditanya berapa budget yang harus dikeluarkan untuk mengoleksi salah satu permainan ini, Leny Zhang salah satu anggota Komunitas Lego Indonesia menjelaskan untuk satu mini-figure Lego, dibandrol dengan harga kisaran Rp 30.000 sampai dengan Rp 2.500.000 untuk satu buah karakter mini figure lego.

Leny pun menambahkan, bahkan seorang kolektor Lego bisa saja menghabiskan dana setidaknya Rp 30 juta jika sedang kalap dalam berbelanja lego. Salah satu tips yang diberikan oleh Leny bagi para pecinta Lego dalam menambah koleksi lego adalah, dalam berburu lego harus rajin mengunjungi pameran-pemeran lego yang biasanya diadakan pada pagelaran toys fair serta jangan tergesa-gesa dalam membeli lego. Pilihlah koleksi lego karena keunikan serta kelangkaan lego tersebut atau yang dikenal dengan sebutan limited edition karena akan memberikan kepuasan tersendiri bagi para pemiliknya.

Hingga saat ini, permainan lego terbilang masih populer di berbagai kalangan. Film animasi Lego pun banyak yang menghiasi bioskop-bioskop untuk menghibur para pencinta lego di seluruh dunia. Beberapa film animasi Lego yang populer yakni Film Lego Batman, Star Wars dan film lego terbarunya yang berjudul Ninjago sangat banyak peminat. Dan di pasaran, banyak sekali koleksi karakter lego yang terinspirasi dari film-film tersebut.

Meski merupakan permainan yang terbilang mahal, lego nyatanya sampai saat ini masih memiliki banyak penggemar yang setiap harinya terus bertambah. Selain menjadi sarana edukasi, lego pun kini berkembang menjadi sebuah lahan bisnis yang memiliki pasar cukup luas dan potensial khususnya di Indonesia

About the Author:

Running Enthusiast | Web Developer | Love to code, code to love.