Ke Perpustakaan Nasional Yuk, Ada Banyak Hal Menarik Terlalu Sayang untuk Dilewatkan

Ke Perpustakaan Nasional Yuk, Ada Banyak Hal Menarik Terlalu Sayang untuk Dilewatkan

By |2018-04-01T09:50:39+00:00April 1st, 2018|Pendidikan|0 Comments

Assalaamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh

Bloggerjakarta.com – Perpustakaan Nasional RI atau sering disebut dengan singkatan PERPUSNAS terletak di  Ibukota Jakarta atau lebih tepatnya di Jalan Medan Merdeka Selatan. Perpustakaan ini merupakan salah satu perpustakaan terbesar di dunia.

Perputakaan nasional (perpusnas) didirikan pada 17 Mei 1980. Perpustakaan ini dibawahi dan dikordinasi oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Gedung Perpusnas ini memiliki  ketinggian 126,3 meter dan terdapat 27 lantai plus basement. Praktis didalamnya terdapat koleksi buku yang sangat lengkap. Bukan itu saja tapi gedung perpustakaan nasional juga memiliki fasilitas yang memadai.

Bagi kalian yang sedang bingung ingin ke suatu tempat untuk refreshing dan cuci otak mungkin Perpustakaan Nasional RI bisa dijadikan salah satu alternatif. Disini pengunjung mendapat garansi akan menemukan buku atau referensi dicari.

Membaca Buku di Perpusnas

KEASIKAN KUTU BUKU DI PERPUSTAKAAN NASIONAL UNTUK MENAMBAH ILMU PENGETAHUAN

baca juga https://bloggerjakarta.com/berolahraga-di-kawasan-car-free-day-jakarta/

Para kutu buku akan betah berlama-lama di perpustakaan nasional karena ada banyak hal bisa dilakukan. Bukan hanya dari satu literasi tapi mereka bisa mendapat informasi dari banyak sumber berbeda.

Perpustakaan Nasional dapat dikunjungi masyarakat umum dari anak sekolah, mahasiswa, ataupun para pegawai. Mereka dapat melakukan pendaftaran secara online terlebih dahulu di situs resmi www.perpusnas.go.id.

Pendaftaran ini dilakukan untuk mendapat kartu anggota perpustakaan nasional. Pembuatan kartu anggota tidak dikenakan biaya alias gratis.

Selain Perpustakaan Nasional RI, ada juga perpustakaan lain yang terdapat di Jakarta. Perpustakaan tersebut diantaranya adalah:

*.Perpustakaan Museum Nasional

*.Perpustakaan sejarah, politik, dan sosial (SPS)

*.Perpustakaan Wilayah DKI Jakarta

*.Bidang Bibliografi dan Deposit, Pusat Pembinaan Perpustakaan

Kegiatan membaca ternyata memiliki banyak manfaat mulai dari:

  1. Menambah ilmu pengetahuan

Benar sekali, dengan membaca yang tadinya belum mengetahui sesuatu hal seseorang akan makin banyak tahu.

  1. Mengurangi rasa stres

Pasti setelah kita melakukan berbagai aktivitas kita akan merasakan letih dan jenuh. Untuk itu cobalah hibur diri dengan membaca sebuah buku yang kiranya bisa mengurangi rasa stres.

  1. Melatih kemampuan menulis

Jika kita rajin membaca, maka kita akan menemukan berbagai kosa kata dan susunan tata bahasa yang belum diketahui. Hal tersebut tentunya akan membuat kita lebih kreatif dalam menulis.

  1. Memotivasi Diri Sendiri

Dengan membaca seseorang akan memberikan semangat pada dirinya sendiri untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Hal ini dikarenakan ia telah membaca cerita dari orang lain yang telah berhasil dan sukses.

  1. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Ketika kita sedang membaca buku pasti kita berusaha untuk fokus terhadap apa yang kita baca. Bisa jadi seolah-olah kita sedang mengalami apa yang sedang dibaca. Nah, dengan membaca fokusmu akan lebih terasah dan terlatih lagi.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan membaca.

Sudah saatnya para generasi muda penerus bangsa menjadi pribadi yang mempunyai jiwa literasi. Selain itu juga kaya akan ilmu pengetahuan.

Sudah cukup para pemuda di Indonesia tergiur dengan kesibukkan bermain game dan segala hal yang tidak memberikan manfaat apapun.

 

Oke mungkin hanya itu ulasan saya kali ini, semoga bermanfaat untuk sahabat blogger jakarta semua.

Wassalaamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh

About the Author:

Syailendra Akmal Farabi hanya seorang blogger pemula yang ingin menjadi luar biasa dan menyampaikan apa yang diketahui melalui media tinta internet blog admin di situs Percikan Hikmah Islami dan Konten Gaptek