Hari Minggu, 31 Maret 2019, Blogger Jakarta menghadiri press release Gala Premiere web series Joko dan Bowo di Kafe Sastra Balai Pustaka. Web series ini merupakan angin segar bagi industri kreatif Indonesia. 20 tahun belakangan ini sedikit sekali film anak-anak yang memiliki genre musikal dan mendidik.

Bila kamu merupakan anak yang memiliki masa kanak-kanak di tahun 2000 an awal, pasti pernah menonton film petualangan Sherina. Film ini meledak pada jamannya dan menjadi salah satu film terbaik anak-anak. 3 tahun yang lalu sutradara Adam Wiradi Arif terinspirasi membuat drama musikal seperti Petualangan Sherina. Pada akhirnya impian ini terwujud. Tuhan mempertemukan mas Adam ini dengan CEO Muslimahdaily.com sehingga terciptalah web series Joko dan Bowo.

Web series Joko dan Bowo ini mengisahkan tentang persahabatan anak kecil yang baru naik ke kelas 5 SD yaitu Joko dan Bowo. Mereka berdua bersahabat begitu dekat. Namun sejak datangnya murid baru, Pertiwi hubungan kedua bocah ini merenggang. Pertiwi ini adalah gadis yang cantik pindahan dari Jakarta. Mereka berpikir bila salah satu dari mereka menjadi ketua kelas maka Pertiwi akan jatuh hati dan mau menjadi pacar Joko atau Bowo.

Begitu banyak tantangan yang dihadapi oleh Joko dan Bowo saat berusaha untuk menjadi ketua kelas. Banyak dialog dalam web series ini yang mengajarkan mengenai toleransi, tentang bagaimana menyikapi perbedaan bila memiliki teman yang berbeda suku, agama, dan warna kulit. Konflik ini diambil dengan penokohan anak kecil dengan harapan orang dewasa yang saat ini belum bersikap toleransi malu terhadap diri sendiri. Anak kecil saja sudah bisa memiliki sikap toleransi, kenapa orang dewasa tidak? Web series ini juga menyisipkan ajaran nilai-nilai keagamaan yang sebaiknya dicontoh oleh anak-anak. Selain itu, di web series ini juga menyisipkan apa yang harus dilakukan bila ingin menjadi pemimpin yang baik.

Pemberian judul web series Joko dan Bowo pun dipilih karena ingin dijadikan anchor dalam web series ini. Momentumnya pas dengan Pemilu. Apa yang ada di persepsi kita bila mendengan nama Joko dan Bowo, pastilah capres no urut 1 dan 2. Menjelang Pemilu Presiden 2019, suasana semakin memanas. Sutradara, produser dan penulis script ini sangat cerdas mengambil momentum ini.

Web series ini mengingatkan saya dengan tarian anak sekolah ala-ala petualangan Sherina, namun disisipi humor yang cerdas. Proses pembuatan film ini melibatkan hampir 50 anak. Sebagian besar pemain anak-anak ini merupakan siswa SDN Sukasari 7. Memproduksi film dengan jumlah pemain anak-anak yang banyak merupakan tantangan tersendiri bagi sutradara dan produser Joko dan Bowo. Bagaimana tidak, anak kecil ini berbeda dengan orang dewasa sehingga perlakuan yang diberikan pun berbeda. Selain itu pencocokan jadwal juga menjadi tantangan tersendiri karena anak-anak ini masih di usia sekolah jadi hanya bisa shooting di hari Sabtu dan Minggu saja.

Guru di SDN Sukasari 7 ini pun juga ikut memerankan peran sebagai orang tua Bowo. Dari pra produksi, produksi hingga pasca produksi web series ini membutuhkan waktu 3 bulan. Waktu yang sangat mepet namun hasil yang didapat patut diacungi jempol. Akhirnya Indonesia kembali memiliki tayangan drama musikal anak yang bermutu dan menghibur di segala usia.

Web series ini sukses diproduksi berkat kolaborasi antara Muslimahdaily.com, Dacore Production dan Lovilm. Muslimahdaily.com sendiri merupakan portal informasi online yang mewartakan dunia Muslimah Indonesia. Menyajikan informasi, pengetahuan, dan gagasan yang dapat menginspirasi Muslimah Indonesia. Ada kerinduan dari CEO muslimahdaily.com untuk membuat konten kreatif yang menginspirasi seluruh anak-anak di Indonesia. Kolaborasi ini pun terlaksana dan Tuhan mempertemukan orang-orang kreatif ini sehingga web series Joko dan Bowo pun rilis.

Jangan lupa saksikan web series Joko dan Bowo hanya di channel Youtube Muslimah Daily dan Dacore Production!

Muslimah Daily : https://www.youtube.com/watch?v=pkAFMSHRCxQ&list=PLvJoZjAn9mVS8vT9CNmUhuE2Kt1Mz3SIl

Web series ini akan tayang sebanyak 4 episode, spesial di bulan April 2019 ini. Kalau kamu sudah nonton, yuk share bagaimana pendapat kamu mengenai film Joko dan Bowo ini ya!

Ditulis oleh: Helloinez.com