Langkah Bijak Mencegah Penyebaran Hoax di Internet

Langkah Bijak Mencegah Penyebaran Hoax di Internet

By |2018-01-20T22:33:41+00:00Januari 21st, 2018|Teknologi|0 Comments

Sebuah peradaban milenial yang saat ini sedang populer, sering kali bersentuhan dengan salah satu teknologi yaitu internet. Saat ini semua kalangan dari yang tua sampai yang muda, hampir setiap orang selalu terhubung dengan internet, bahkan sudah seperti sebuah kebutuhan primer. Internet tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi sahaja, tetapi juga sangat menunjang setiap aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat, seperti pemesanan makanan, pembelian sebuah barang, sampai dengan pemesanan hotel.

Berbicara mengenai internet, orang cenderung untuk mencari banyak informasi. Mesin–mesin pencari seperti google, bing, dan yahoo search menjadi salah satu pintu paling utama bagi pengguna untuk memperoleh informasi.

Jika ada informasi yang menarik, tentulah orang tersebut akan cenderung membagikannya melalui beberapa kanal sosial media yang mereka miliki. Maka tidak heran kanal seperti facebook, twitter, whatsapp, instagram, dan line sangat populer dikalangan masyarakat saat ini. Mereka menjadi tempat andalan untuk bertukar informasi.

Namun seringkali para pengguna media sosial tidak melakukan penyaringan informasi yang ada. Mereka biasanya hanya membaca sebuah headline tanpa selesai membaca isi informasinya secara menyeluruh. Pada akhirnya ini menjadi sebuah  salah satu bentuk tindakan dari penyebaran Hoax.

Hoax sendiri adalah sebuah berita yang isinya sama sekali tidak benar atau menyimpang dari keadaan sebenarnya. Hoax terkadang digunakan sebagai media untuk mencari sensasi atau tujuan lain yang tidak baik. Gerakan untuk mencegah hoax sangat diperlukan untuk mencegah pembodohan publik dan juga konflik yang dapat memecah belah.

Beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam mencegah masuknya informasi hoax dapat dilakukan sebagai berikut:

Langkah Bijak Mencegah Penyebaran Hoax di Internet

1. Mencari Informasi Tersebut Dari Beberapa Sumber.

Hoax di Internet

sumber: pixabay

Tujuan dari mencari informasi beberapa sumber ini adalah untuk memastikan bahwa yang sedang beredar bukanlah sebuah hoax. Kita dapat menimbang-nimbang kevalidan informasi dari berbagai sumber tadi. Sehingga dengan begini kita dapat mengetahui apakah berita tersebut hoax atau fakta.

 

2. Berpatokan Pada Web yang Terpercaya.

Hoax di Internet

sumber: pixabay

Terdapat banyak website berita yang sudah terpercaya dan faktual dalam menyampaikan berita. Alangkah baiknya jika berpatokan pada salah satu website tersebut, kita dapat terhindar dari berita hoax yeng tersebar pada saat itu.

 

3. Jangan Mudah Tertarik Dengan Kalimat Headline yang Aneh-Aneh.

Hoax di Internet

sumber: pixabay

Ini adalah salah satu kondisi dimana orang sering kali terjebak dalam menerima informasi hoax. Kalimat yang nyeleneh dan persuasif selalu membuat orang untuk membuka tautan yang mereka baca. Sebagai pengguna internet yang baik, perlulah kita melihat tata bahasa yang baik dalam penulisan. Berita yang faktual biasanya ditulis lebih bermakna dan lebih tegas maksud dan tujuannya. Sehingga perlulah berhati-hati dalam menerima konten informasi.

Oleh karena itu, kemajuan zaman yang sedang populer saat ini, perlulah kita menyaring hal-hal yang baik dari segala informasi. Sehingga kita bisa menjadi pengguna internet yang cerdas dan mencegah penyebaran hoax di internet.

About the Author: