Hal Produktif yang Dapat Dilakukan Saat Menikmati Macet

Hal Produktif yang Dapat Dilakukan Saat Menikmati Macet

By |2018-01-16T16:02:17+00:00Januari 12th, 2018|Gaya Hidup|0 Comments

“hadeeeeeeeh, ah ilah, kok gini sih, ada apaan dah nih, lama banget, hmmm, hufft lah”

BLOGGERJAKARTA.COM – Kalimat tersebut mungkin akan terlontar dari mulut, atau mungkin hanya bergumam dihati, saat kalian sedang asik-asiknya menikmati kemacetan. Kemacetan bukan lagi menjadi hal yang tabu di Ibukota. Tetapi sudah menjadi momok yang akan selalu dirasakan setiap harinya oleh penduduk Jakarta.

Mengingat banyaknya populasi penduduk Jakarta yang lebih dari 10 juta jiwa. Belum lagi kebutuhan akan rasa ingin memiliki kendaraan pribadi yang amat besar. Di tambah ruas jalan yang belum bisa memenuhi banyaknya jumlah kendaraan umum dan kendaraan pribadi. Jadi jangan heran untuk kalian, apalagi pendatang dari luar Jakarta dengan kemacetan yang terjadi.

Berpergian dan Mengendarai Sepeda Motor

Sebagai seorang yang sering berpergian dengan kendaraan roda dua (motor), sangat mudah bagi saya untuk bisa melewati kemacetan tersebut. Karena yang kita tahu, lebih mudah mengendarai motor (matic) saat kita terjebak macet.

Tapi terkadang kemacetan di Jakarta sangat sulit ditebak, pernah suatu ketika kemacetan yang terjadi sangat padat. Bahkan untuk menyalip diantara kendaraan lain pun tidak bisa. Banyak dari pengendara lain yang bergumam kesal, mengeluh, dan ada pula yang asik bermain dengan klakson motor dan mobilnya.

Tapi ternyata terdapat hal positif yang bisa kita dapatkan dari kemacetan loh. Banyak hal yang sebetulnya dapat kita lakukan saat macet, dibandingkan harus mengeluh dan bergumam kesal. Ini merupakan sedikit opini saya.

Mengbrol dengan pengendara lain menjadi hal yang harus dilakukan. Dibandingkan kita mengeluh dan kesal, cobalah untuk mengobrol dengan pengendara lain yang sedang merasakan penderitaan yang sama.

Obrolan bisa dimulai dengan menanyakan kemana tujuan pengendara tersebut ingin pergi, atau hal lain yang masih masuk akal, dan kemudian tanyalah hal lain yang bisa membuat suasana menjadi lebih santai. Dari obrolan tersebut kalian akan lebih berpikir positif saat menikmati kemacetan. Selain itu, mengobrol dengan pengendara lain dapat menambah teman.

Baca Juga :

Berpergian dengan Angkutan Umum

Tidak hanya itu saja, bila momen kalian saat menikmati kemacetan  berada di dalam angkutan umum. Kalian bisa menghabiskannya dengan melakukan hal-hal produktif. Membaca buku favorit atau membaca buku yang belum sempat terselesaikan, merupakan hal produktif dan sangat mudah untuk dilakukan.

Seperti yang kita tahu bahwa kemacetan yang terjadi tidak dapat ditebak waktu lamanya. karena hal tersebut terjadi oleh beberapa alasan pula, seperti lampu lalu lintas yang terlalu lama. Banyaknya kendaraan yang berhenti di pinggir jalan, sehingga membuat ruas jalan menjadi sempit.

Belum lagi bila ada kecelakaan yang disebabkan oleh pengendara lain atau tumbangnya pohon, jembatan, tiang listrik di sekitar jalan tersebut.

Kemungkinan hal tersebut akan menghabiskan waktu kalian selama di jalan. Jadi lebih baik kalian membaca buku atau membaca artikel yang bermanfaat untuk diri kalian. Dibandingkan kaliah harus membuang energi kalian dengan sesuatu yang negatif seperti mengeluh, kesal dan sebagainya.

Manfaatkan lah gadget yang kalian miliki menuju sesuatu yang lebih memberikan banyak keuntungan kepada diri sendiri. Kemacetan memang merupakan suatu hal yang semua orang tidak suka. Tapi alangkah baiknya bila kita dapat menanggapinya dengan pikiran yang positif.

Mungkin dari beberapa pengendara ada yang sedang terburu-buru karena sudah memiliki janji. Tapi bila kemacetan tersebut belum bisa ditanggulangi, untuk apa mengeluh dan kesel dengan keadaan tersebut. Lebih baik tanggapi hal tersebut dengan sabar dan pikiran positif. Sekarang ini, waktunya untuk merubah cara berpikir dan cara berpandang kita pada sesuatu hal.

Buat bagaimana caranya hal yang menurut kita itu buruk, dapat kita ubah menjadi lebih baik. Buat bagaimana caranya, sesuatu yang tidak kita suka, tapi bisa memberikan banyak manfaat untuk kita. Semua kembali lagi kepada diri sendiri, apakah ingin merubah cara pandang kita terhadap suatu hal atau tetap terjebak dengan padangan lama tersebut. Kalau kalian, hal apa yang sering dilakukan saat menikmati indahnya macet di?

About the Author: