Diet Sehat Dengan Ketogenic

Diet Sehat Dengan Ketogenic

By |2017-10-30T16:55:30+00:00September 24th, 2017|Gaya Hidup|0 Comments

Apa sih yang terlintas di pikiran kalian mengenai diet? Apakah mengurangi kebutuhan makanan setiap harinya, atau menghindari makanan yang berlemak, atau hal-hal lain? Akhir-akhir ini gaya hidup di dunia maupun di Indonesia banyak yang melakukan diet.

Sebenarnya diet itu bukan hanya mengurangi porsi makanan kita tapi diet yang bagus adalah mengenai gaya hidup kita. Gaya hidup sehat akan menjadikan diet yang bagus. Hasil diet dari gaya hidup sehat juga akan bertahan lama dan akan menjadi kebiasaan hidup kita.

Di Indonesia sendiri banyak yang mengartikan mengenai diet atau bahkan pelaku diet sendiri hanya ikut-ikutan orang lain. Para pelaku diet di Indonesia bahkan hanya mencari tips diet dari internet saja, mereka jarang konsultasi dengan ahli gizi.

Diet adalah kata yang seringkali ditujukan untuk orang yang sedang berupaya untuk menurunkan berat badan. Namun, semua cara diet yang dilakukan itu percuma, karena setelah kita berhasil menurunkan berat badan, biasanya diet akan terhenti.  Hal itu terjadi karena masalah utamanya tidak diperbaiki, yaitu ketidakseimbangan hormonal terutama hormon insulin, dan akhirnya berat badan pun akan kembali naik.

Hari ini Chef Edwin Lau pada sesi acara cooking class, membagikan resep masakan untuk orang yang sedang menjalankan program diet, yaitu diet keto atau ketogenic, pada acara Smart Festival di BIntaro X Change Mall, Minggu, 24 September 2017.

Apa itu ketogenic?

Ketogenic merupakan pola makan untuk menyeimbangkan hormonal, dengan pembatasan karbohidrat. Karbohidrat sangat penting dibatasi, karena tangki penampungan bahan bakar karbohidrat dalam tubuh kita sangat kecil, sedangkan tangki penyimpanan lemak besar sekali. Dan keto mengandung banyak lemak sehat.  Karbohidrat memang sebagai sumber energi, namun carilah sumber energy yang memiliki cadangan energi tertinggi . Dan bahan bakar alami manusia sebenarnya adalah lemak.

Karena kalori dari lemak yang tersimpan bisa puluhan kali lipat lebih banyak daripada kalori dari tangki gula. Jika seperti itu, mengapa tidak kita manfaatkan lemak yang banyak ini sebagai bahan bakar tenaga. Jangan malah kita menumpuk lemak dengan konsumsi karbohidrat yang berlebih.

Chef Edwin Lau

Ketogenic  yang dibagikan oleh chef Edwin adalah Keto Chai Fried, dengan bahan dasarnya udang rendah lemak, fillet ayam (dada ayam sebagai sumber protein dan lemak). Dalam masakan keto, tidak menggunakan gula sama sekali, justru malah menggunakan banyak lemak sehat. Karena keto adalah lemak.

Dalam pembuatan keto juga tidak perlu memakai banyak garam, dan sebagai pengganti garam biasa adalah kecap asin. Karena kecap asin tidak mengandung gula.

Jadi dengan Ketogenic, kita bisa mengkonsumsi untuk diet kita sebagai gaya hidup. Meskipun dari bahan udang dan dada ayam, diet yang kita lakukan akan berhasil. Hal ini jarang diketahui oleh masyarakat luas, padahal jenis makanan ini sangat bagus untuk diet. Kita bisa membuat makanan ini di rumah dengan cara yang sederhana.

Karena dengan cara diet yang salah akan berdampak buruk. Misalnya lemak tubuh akan lebih mudah menumpuk, maag akut, kekurangan gizi, rambut rontok, dan juga malnutrisi atau kekurangan nutrisi  yang diakibatkan dari diet ketat tidak seimbang. Dari contoh tadi memang sangat menentukan proses diet. Pada intinya diet bukan dari kata orang, bukan dari tips internet, diet lebih kepada gaya hidup sehat dan dengan mengkonsumsi pola makan yang sehat juga dan semuanya tergantung pada konsistensi pola makan sehat.

 

 

About the Author: