Destinasi Pulau Anti Mainstream di Gugusan Kepulauan Seribu

Destinasi Pulau Anti Mainstream di Gugusan Kepulauan Seribu

By |2018-01-19T14:24:55+00:00Januari 19th, 2018|Wisata|0 Comments

Deretan Pulau Anti Mainstream di Gugusan kepulauan Seribu – Bagi sebagian warga DKI Jakarta mungkin sudah tidak asing lagi dengan pesona gugusan Kepulauan Seribu. Kawasan indah yang terletak di Utara Ibukota ini selalu punya daya tarik tersendiri.

Sebuah destinasi wisata yang bisa saya bilang cukup langka. Dimana banyak pulau-pulau menawarkan pemandangan alam yang sejuk nan asri yang memang langka ditemukan di Jakarta.

Biasanya pulau-pulau di Kepulauan Seribu ini ramai setiap weekend dan akan lebih ramai saat long weekend. Tak hanya turis lokal, turis asing pun tak luput dari magnetnya. Jarak yang tidak terlalu jauh dari bibir pantai Jakarta, membuat salah satu alasan tuk datang ke Kawasan yang memiliki luas 109 Ha (sumber : Wikipedia).

Dan dikesempatan kali ini (bukan dana umum), saya akan menginformasikan beberapa pulau anti mainstream yang terdapat di Gugusan Kepulauan Seribu yang layak Anda kunjungi bersama teman, rekan kerja ataupun keluarga tercinta.

Deretan Pulau Anti Mainstream di Gugusan Kepulauan Seribu

1. Pulau Semak

Pesona kepulauan seribu, pesona indonesia, pulau semak

Pesona Pulau Semak
Sumber : airebobichon.wordpress.com


Pulau Semak adalah pulau kecil di Kepulauan Seribu yang menyimpan pesona yang memanjakan mata dan menenangkan pikiran. Pulau ini memiliki pantai yang bernama Pantai Semak Daun.

Pantai ini terkenal dengan hamparan pasir kristal putih yang luas, seluas mata memandang. Dengan perairan yang dangkal dan jernih, banyak aktifitas yang bisa Anda lakukan di Pantai Semak Daun ini. Seperti berenang, bermain air, lari-lari kecil pinggir pantai, menulis nama gebetan di pasir pantai dan masih banyak lagi.

Saat Anda mengunjungi pantai ini, Anda akan merasa mempunyai pantai pribadi. Ini dikarenakan tidak adanya penduduk yang tinggal di Pulau Semak. Jadi kalo pengunjung pulau ini sedang sepi, berasa kaya pulau pribadi.

2. Pulau Pari

Pulau Pari, liburan di pulau pari, perjalanan pantai pari, wisata pulau pari

Pesona Pulau Pari
Sumber : mydailymail.wordpress.com


Pulau selanjutnya adalah Pulau Pari. Bagi yang sudah sering berkunjung ke deretan Kepulauan Seribu pasti tak asing lagi. Pulau Pari merupakan pulau yang cukup sering dikunjungi oleh wisatawan.

Pulau Pari menjadi pantai yang diminati banyak orang, pasir pantainya bertekstur lembut, halus dan putih bersih. Dengan perairan yang dangkal dan ombak yang tenang, pas untuk merefleksikan otak diluar aktifitas yang monoton. And For Your Information, bila Anda mencari Spot untuk melihat sunset terbaik, Pulau Pari lah jawabannya.

3. Pulau Sepa

Pesona pulau sepa, liburan di pulau spa, wisata ant mainstream

Pesona Pulau Sepa
Sumber : klikmania.net


Di deretan ke 3 ada Pulau Sepa. Yah, mungkin Anda baru pertama mendengar namanya. Pulau ini memang tidak seterkenal dan seramai Pulau Tidung dan Pulau Pari ataupun Pulau Pramuka. Namun untuk panoramanya tidak akan membuat Anda kecewa.

Perairan di sekitar pulau ini juga sangat jernih cocok untuk snorkeling, berenang ataupun berfoto dibawah air dengan ekosistem yang masih terjaga. Untuk mencapai pulau anti mainstream ini, Anda dapat menggunakan speed boat di sekitar Dermaga Marina dengan waktu tempuh sekitar 1 – 2 jam.

4. Pulau Macan

liburan pulau seribu, kepulauan seribu, pulau utara jakarta

Pesona Pulau Macan
Sumber : pulaumacanbpi.blogspot.com


Pulau Macan? Banyak macan atau tempat tinggal macan? Hilangkan hal negatif dari pikiran Anda. Pulau ini jelas tergolong pulau anti mainstream karena tak banyak yang mengunjunginya.

Sebagian besar pulau ini ditumbuhi tumbuhan bakau sebagai sarana observasi. Dan Pulau ini memiliki dua pulau yang saling berdekatan yaitu Pulau Macan Besar dan kecil atau yang biasa dikenal Pulau Macan Gundul.

Saat air laut surut, Anda bisa mengunjungi Pulau Macan Gundul dengan berjalan kaki dari Macan Besar. Tak hanya pemandangan yang disuguhkan pulau ini, pantainya pun cocok untuk bersantai, berjemur sambil menulis artikel untuk Blogger Jakarta rasanya hidup damai aman sentosa.

5. Pulau Bira

pulau bira, destinasi wisata pulau seribu

Pesona Pulau Bira
Sumber : dolandolen.com


Pulau anti mainstream yang terakhir adalah Pulau Bira. Pulau ini masih jarang pengunjungnya jadi pulau ini masih sangat alami. Pulau ini menawarkan sensasi snorkeling yang berbeda dari pulau lainnya.

Ada banyak sekali jenis ikan dan terumbu karang yang masih terjaga secara baik yang membuat Anda betah ber-snorkeling ria. Anda juga bisa bersantai di tepi pantai sambil menikmati deburan ombak yang buat Anda betah berlama-lama di Pulau ini.

Untuk mencapai pulau anti mainstream satu ini tidak lah mudah. Rute terbaik untuk mencapainya melalui Dermaga Muara Angke yang ditempuh dalam waktu kurang lebih 3 Jam. Memang lama namun sepadan apa yang Anda dapat.

Baca Juga : 5 Pantai di Bali yang Cocok dikunjungi saat Musim Panas

Yap, itulah beberapa deretan pulau anti mainstream yang berada di Kepulauan Seribu. Kebetulan 2018 banyak long weekend, tidak ada salahnya Anda mengunjungi salah satu atau semuanya dari pulau-pulau diatas untuk liburan berdua, bersama teman ataupun keluarga.

Semoga tulisan ini bisa menambah wawasan Anda dan memberikan inspirasi untuk liburan long weekend selanjutnya. Bila Anda punya kategori pulau sendiri silahkan isi dikolom komentar dibawah dan jika Anda suka jangan lupa share kesetiap sosial media yang Anda miliki. See You!!!

About the Author:

Seorang Pemuda bukan Pemudi yang suka dengan atmosfer kompetisi. Pemilik SAH dari blog masirwin.com yang sering berbagi INFO LOMBA BLOG