Desain Bus Transjakarta Seperti Ruang Dokter Gigi Anak

Desain Bus Transjakarta Seperti Ruang Dokter Gigi Anak

By |2018-08-23T00:08:30+00:00Agustus 23rd, 2018|Wisata|0 Comments

PT Transportasi Jakarta atau TransJakarta baru saja meluncurkan sejumlah bus dengan desain khusus bergambar beragam jenis satwa beberapa waktu lalu. Bus versi ini terlihat semarak penuh warna bak ruang dokter gigi yang temboknya digambari kartun di mana-mana.

Ada yang bus dengan gambar satwa darat seperti beruang, singa, jerapah, dan lainlain. Hingga satwa laut seperti lumba-lumba, kura-kura, ubur-ubur, dan ikan-ikan lainnya.


Kata Direktur Utama TransJakarta, Budi Kaliwono, bus sengaja dibuat seperti itu agar mempromosikan lokasi-lokasi wisata yang ada di Jakarta. Seperti Taman Margasatwa Ragunan dan Taman Impian Jaya Ancol.

“Dengan memasang gambar satwa di bus TransJakarta kami ingin membantu memasarkan lokasi-lokasi wisata yang ada di Jakarta,” kata Budi Kaliwono, seperti yang dilansir dari Antara.

Rencananya, bus bergambar satwa itu akan melayani lokasi wisata lainnya, seperti Kota Tua salah satunya. Memang, lokasi wisata ini cukup ramai pengunjung baik lokal maupun mancanegara.

Namun saya bingung, satwa seperti apa yang ada di Kota Tua? Yasudahlah, kita tunggu saja jadinya nanti seperti apa.

Jika kalian mau menaiki bus wisata bergambar satwa darat, bisa datang ke Koridor 6: Ragunan – Dukuh Atas 2. Sementara untuk yang bergambar satwa laut, bisa datang ke Koridor 5: Kampung Melayu – Ancol.

Tapi siap-siap kecewa jika tak langsung menemukan bus seperti itu. Karena kata Budi Kaliwono, saat ini baru ada 10 bus yang didesain mirip ruang dokter gigi anak tersebut.

Saran dari saya, jika kalian mau menaiki bus yang di Ragunan, pakai pakaian bertema safari. Sementara jika ingin menaiki bus yang dari Ancol, bagusnya memakai baju menyelam. Dijamin, cocok deh.

Bus Wisata TransJakarta

Bus tingkat TransJakarta (Foto: foto.inilah.com)

By the way, jika membahas soal wisata Jakarta, kalian harus merasakan berkeliling Jakarta dengan kendaraan Bus Wisata TransJakarta. Bus model tingkat ini mirip seperti di London. Busnya beroperasi dengan rute pengenalan kawasan wisata di sekitar Jakarta.

Sampai tahun ini, ada enam rute yang dilalui Bus Wisata. Di antaranya:

  • History of Jakarta (Masjid Istiqlal-Kota Tua),
  • Jakarta Modern (Masjid Istiqlal-Bundaran HI),
  • Art & Culinary (Masjid Istiqlal-Kota Tua via pecenongan),
  • Jakarta Skycraper (Masjid Istiqlal-Bundara Senayan),
  • Jakarta Open Space (Balaikota-RPTRA Kalijodo), dan
  • Cagar Budaya (Masjid Istiqlal-Tanjung Priok).

Sejak diluncurkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pada 2014 lalu, semakin banyak orang yang berminat naik Bus Wisata. “Yuk, naik Transjakarta biar gak macet” itu kata PT_Transjakarta di Instagram.

Tapi kalau kata saya, yuk naik transportasi umum biar gak macet dan nyumbang polusi udara. Sayangi bumi sama halnya seperti kalian menyayangi anak-cucu kalian di masa mendatang.

Semangat! Untuk Jakarta juga Indonesia yang lebih baik!

About the Author:

Saya blogger yang senang berjualan di Instagram @Honesiax