Anak Rantau Jakarta! 5 Hal Ini Pasti Sudah Hatam Kamu Lakukan

Anak Rantau Jakarta! 5 Hal Ini Pasti Sudah Hatam Kamu Lakukan

By |2018-01-20T22:50:13+00:00Januari 21st, 2018|Gaya Hidup|4 Comments

Jakarta, kota yang menjadi primadona bagi setiap anak muda yang ingin mendapatkan penghasilan lebih dari cukup. Meski kota ini sering disebut sebagai kota yang lebih kejam dari Ibu Tiri, toh Jakarta selalu menarik bagi mereka yang ingin meningkatkan taraf ekonomi.

Memang tak semua orang yang datang ke Jakarta mendapatkan penghidupan yang layak, apalagi tidak mempunyai keterampilan, keahlian, pengalaman kerja serta pendidikan yang cukup, bisa jadi nasib tidak berpihak tapi tenang saja. Selama kamu masih berusaha dan mempunyai keyakinan, Insyaallah ada jalan kok.

Nah, sebagai salah satu anak rantau di Jakarta, saya yakin kamu pernah mengalami hal-hal berikut.

 

1. Mencari Kosan yang Sesuai Dengan Budget, Kenyamanan Mah Bisa di Nomor Duakan Untuk Sementara.

sumber: mahasiswa.me

Sebagai anak rantau pasti dong ya kamu harus mempunyai tempat tinggal baik berupa kontrakan atau pun kosan. Tapi biasanya, anak rantau identik dengan anak kosan juga mesti tidak smeua juga. Tapi satu hal yang pasti, dalam mencari kosan, sebagai anak kos harus memperhatikan biaya kos.

Standar kenyamanan bukanlah hal yang paling penting, apalagi masih baru pertama sekali di Jakarta. Yang terpenting adalah punya tempat tinggal saja dulu, nanti setelah mempunyai penghasilan lebih baru lah mencari kosan yang mengutamakan kenyamanan.

 

2. Menjajal Berbagai Makanan, Mulai dari Makan di Kafe dan Resto Sampai Dengan di Warteg dan Padang.

Urusan perut memang tak bisa ditunda. Awalnya kamu yang anak rantau jakarta akan menjajal makanan di sekitar kosan dan tempat kerja. Namun seiring bertambahnya masa kerja dan semakin lama tinggal di Jakarta, kamu pun mulai menjajal berbagai makanan yang ada.

Setelah gajian, biasanya kamu dan teman kosan tak sungkan-sungkan untuk makan di resto atau berbagai kafe yang ada di setipa pojok kota. Tapi, sebenarnya kamu lebih sering makan di tempat-tempat makan dengan harga yang terjangkau dan tak menguras kantong. Sebut saja warteg, nasi padang dan makanan sunda.

 

3. Mengintip Keindahan Kota di Weekend Sudah Menjadi Rutinitas Kamu Untuk Mengisi Waktu Luang.

anak rantau

Ancol via instagram.com @felixindrawan

Sebagai anak rantau di Jakarta. Pasti nanti bakal banyak pertanyaan tentang Jakarta kepada kamu, karena orang-orang rumah dan kampung kamu hanya tahu Jakarta dari media baik media sosial maupun televisi. Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, tentu kamu harus mengetahui lebih banyak tentang Jakarta kan.

Biasanya, di akhir pekan kamu pasti mengelilingi kota untuk sekedar menghabiskan waktu dn berwisata. Hayo ngaku, pasti kamu sudah mengunjungi Monas, Kota Tua, Taman Mini, Ancol, Dufan dan berbagai pusat perbelanjaan yang ada di Jakarta.

4. Kangen Ayah dan Ibu di Kampung.

anak rantau

sumber: hipwee

Memang setiap minggu kamu akan menelpon ayah dan ibu di kampung untuk sekedar memberikan kabar dan menanya kabar mereka. Apakah semua baik-baik saja, dan kadang juga ada si Bungsu yang selalu minta uang jajan karena sudah tahu abangnya sudah menghasilkan rupiah.

Maafkan anakmu Yah, maafkan anakmu Bu! Bukannya aku tak rindu hanya saja aku sedang berjuang membahagiakanmu

Setiap menjelang puasa ramadahan, biasanya derita anak kos dan rantau semakin meningkat. Bagaimana tidak, kamu harus puasa, makan sahur dan buka puasa tidak bisa bersama-sama. Dan seringnya sech kamu buka puasa dan makan sahur bersama teman-teman kosan.

5. Pulang Kampung, Momen yang Paling di Nantikan.

anak rantau

sumber: rmol.co

Setelah menjalankan puasa selama 15 hari, saatnya kamu akan mulai senang karena persiapan pulang kampung pun di mulai. THR yang sudah cair saatnya untuk dibelanjakan untuk oleh-oleh buat keluarga. Mulai dari membeli baju lebaran buat orang tua sampai menyiapkan perlengkapan pulang kampung lainnya.

Momen inilah yang paling ditunggu oleh setiap anak rantau khususnya bagi kamu yang pulang kampung hanya sekali setahun. Menambah jadwal liburan dengan cara cuti sudah menjadi agenda wajib.

Nah, bagaimana dengan kamu? Apakah kamu merasakan semua hal tersebut selama menikmati status sebagai anak rantau di Jakarta.

About the Author:

Anak kos yang doyan kelayaban ke tempat-tempay indah