Bukan Cuma Persija, Ternyata Jakarta Pernah Punya 6 Klub Sepak Bola Profesional Ini

Bukan Cuma Persija, Ternyata Jakarta Pernah Punya 6 Klub Sepak Bola Profesional Ini

By |2018-01-13T16:48:51+00:00Januari 13th, 2018|Olahraga|0 Comments

BLOGGERJAKARTA.COM – Jakarta sebagai Ibukota negara pasti sangat diperhatikan dari berbagai aspek, salah satunya yang terkenal dari Jakarta itu adalah sepakbolanya. Ketika melihat sepakbola di Jakarta, kita pasti langsung terngiang-ngiang dengan nama Persija Jakarta, karena ini merupakan salah satu klub legendaris yang sudah didirikan sejak tahun 1928 yang lalu.

Tapi tahukah kalian kalau klub sepakbola di Jakarta sebenarnya bukan Persija doang? Setidaknya ada 5 klub sepakbola profesional yang menjadi kebanggaan sebagian warga Jakarta. Meski sekarang yang masih eksis hanyalah Persija Jakarta, tapi sebagai warga Jakarta asli pasti tahu kalau klub sepakbola profesional di Jakarta itu bukan cuma Persija. Berikut adalah 6 tim sepakbola yang pernah berdiri di Jakarta.

Persitara Jakarta Utara

Foto: Bola.net

Selain Persija yang menjadi ikon sepakbola di Jakarta, saat suruh menyebutkan tim lain selain Persija, kita pasti ingat dengan nama Persitara Jakarta Utara. Klub yang memiliki basis suporter bernama NJ Mania ini adalah sebuah klub sepakbola profesional yang lahir pada tahun 1985.

Markasnya berada di Jakarta Utara seperti namanya. Klub yang berjuluk Laskar Si Pitung tersebut memang sudah tidak aktif lagi sejak tahun 2013 yang lalu, tapi mulai tahun 2016 yang lalu karena kecintaan suporternya, klub ini diaktifkan lagi dan sekarang bermain di Liga 3.

Persijatim Jakarta Timur

Maman Abdulrahman dan Ismed Sofyan di Persijatim

Tahukah kalian dengan klub yang sekarang bernama Sriwijaya FC Palembang? Iya sekarang klub tersebut bermarkas di Palembang, tapi ketahuilah bahwa dulu klub tersebut bermarkas di Jakarta Timur. Yang menjadi cikal bakal klub yang sekarang bernama Sriwijaya FC adalah Persijatim Jakarta Timur yang berdiri pada tahun 1976.

Dari awal berdiri hingga tahun 2000, Persijatim bermarkas di Stadion Bea dan Cukai yang terletak di Jakarta Timur. Karena masalah finansial, pada tahun 2000 Persijatim pindah markas ke Stadion Manahan, Solo dan namanya berubah menjadi Persijatim Solo FC.

Namun ternyata cerita tentang perjalanan Persijatim ini belum berakhir. Meski sudah memiliki basis suporter yang sangat banyak di Solo dengan nama Pasoepati, pada tahun 2004 Persijatim Solo FC ini berpindah ke Palembang dan berdiri sebuah klub bernama Sriwijaya Football Club (SFC) yang menjadi klub kebanggaan warga Palembang sekarang.

Pelita Jaya Jakarta

Foto: Kaskus.com

Nah ini klub legendaris yan pindah kemanapun tetap dengan nama Pelita Jaya. Pelita Jaya ini awal berdirinya pada 1986 dengan nama Pelita Jaya Jakarta, saat itu yang menjadi homebase adalah Stadion Menteng. Lalu dua tahun kemudian, mereka pindah kandang ke Stadion Bekasi dan Stadion Lebak Bulus. Klub ini bisa dibilang sebagai klub legenda karena sudah beberapa kali gonta-ganti nama dan gonta-ganti kandang.

Pernah juga namanya menjadi Pelita Manstans, Pelita Bakrie, Pelita Solo, Pelita Krakatau Steel, Pelita Jaya Purwakarta, Pelita Jabar, Pelita Jaya Karawang, Pelita Bandung Raya, dan pada akhirnya namanya hangus karena merger dengan Persipasi Bekasi dengan nama Persipasi Bandung Raya, dan sekarang namanya menjadi Madura United FC. Jadi Madura United FC yang ada di Liga 1 ini asal mulanya adalah Pelita Jaya FC Jakarta.

PSJS Jakarta Selatan

Foto: achsanulqosasi.com

Sama seperti halnya Persijatim dan Persitara, Jakarta Selatan ternyata juga punya klub sepakbola sendiri bernama PSJS yang merupakan singkatan dari Persatuan Sepakbola Jakarta Selatan. Klub yang berjuluk Macan Kebayoran dan dulunya bermarkas di Stadion Lebak Bulus ini terakhir bermain padatahun 2010 yang lalu di Liga Nusantara. Sepertinya sekarang klub ini sudah tidak aktif lagi.

Persija Barat

Foto: Bolaindo.com

Nah ini mungkin salah satu tim sepakbola profesional di Jakarta yang tidak banyak orang mengetahuinya. Sesuai namanya, Persija Barat ini berada di kota Jakarta Barat dengan homebase di Stadion Cendrawasih, Jakarta Barat. Klub ini berdiri pada tahun 1979, dan uniknya tanpa diketahui, sampai sekarang klub ini masih belum bubar.

Saat ini Persija Barat FC masih terdaftar di Asprov DKI dan masih memiliki 23 klub internal. Bahkan Persija Barat FC ini pada awal 2017 lalu masih melakukan seleksi pemain dan bermain di Dream League 2017.

Persija Jakarta

Kalau ini jelaslah ikon sepakbola dari DKI Jakarta. Dengan homebase di Stadion Gelora Bung Karno, Persija Jakarta menjadi tim kebangaan warga DKI Jakarta. Didirikan pada 28 November 1928, dulunya Persija ini bernama Voetbalbond Indonesish Jakarta (VIJ).

Memang prestasi terakhir Persija Jakarta ini menjadi juara di Liga Indonesia tahun 2000 yang lalu, tapi sampai sekarang Persija masih menjadi salah satu tim terbaik di Indonesia dan masih menjadi kebangaan warga Jakarta, bahkan basis suporternya makin membesar.

Jadi tanpa banyak yang mengetahui, ternyata klub sepakbola di Jakarta itu bukan cuma Persija Jakarta. Setidaknya sampai sekarang masih ada 3 tim di Jakarta yang masih aktif di kancah sepakbola Indonesia, yakni Persija Jakarta di Liga 1, Persitara Jakarta Utara di Liga 3, dan Persija Barat di kompetisi amatir. Sementara Persijatim sudah melebur menjadi Sriwijaya FC Palembang, dan Pelita Jaya Jakarta sekarang sudah menjadi Madura United FC.

About the Author: